Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Harapan Menlu Retno atas Pelantikan Menlu AS Antony Blinken

Anthony Blinken dilantik setelah menjadi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat yang ke-71, pada Rabu (27/1/2021). Dia menggantikan Michael Richard Pompeo.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  16:53 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi saat menyampaikan keterangan pers terkait hasil pertemuan KTT Ke/37 Asean di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 14 November 2020 / Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi saat menyampaikan keterangan pers terkait hasil pertemuan KTT Ke/37 Asean di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 14 November 2020 / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan keyakinannya terhadap semangat multilateralisme Amerika Serikat setelah pengangkatan Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS.

Dalam akun Twitter Menlu Retno, dia menyampaikan selamat kepada Anthony Blinken setelah menjadi Menteri Luar Negeri AS yang ke-71.

“Percaya diri di bawah kepemimpinan Blinken, kebijakan luar negeri AS akan terus memperkuat multilateralisme dalam mengatasi pandemi saat ini dan berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik,” tulis Retno dalam akun Twitter-nya, Kamis (28/1/2021).

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda dalam memajukan Kemitraan Strategis Indonesia-AS,” lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Blinken dilantik sebagai Menteri Luar Negeri pada Rabu (27/1/2021), menggantikan Michael Richard Pompeo. Dipimpin oleh Wakil Presiden AS Kamala Harris, Antony J. Blinken telah mengucapkan sumpahnya sebagai hari pertama kerjanya di Kementerian Luar Negeri.

Blinken (58) adalah mantan Penasihat Keamanan Nasional pada 2013 - 2015 dan Deputi Menteri Luar Negeri pada 2015 - 2017 di bawah Presiden Barack Obama. Dia telah memulai karirnya di pemerintahan sejak administrasi Bill Clinton.

Berdasarkan catatn Bisnis, Presiden AS Joe Biden telah mempersiapkan kabinetnya sebelum pelantikan yang dihelat pada 20 Januari 2021 lalu. Pasalnya, AS membutuhkan langkah cepat untuk penanganan Covid-19 yang berdampak besar pada negara adikuasa itu.

Saat itu, Presiden AS ke-46 ini pun menunjuk anggota tim kebijakan luar negerinya, Antony Blinken untuk mengepalai Departemen Luar Negeri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat kemenlu retno l.p. marsudi
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top