Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Jabat Ketua Komite Asean di Argentina

Serah terima dilakukan pada Pertemuan ke-17 Duta Besar negara-negara Asean di Argentina, 25 Januari 2020.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  15:09 WIB
Presiden Joko Widodo mengikuti Sidang Pleno KTT ke-34 Asean di Bangkok, Thailand, Sabtu (22/6/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo mengikuti Sidang Pleno KTT ke-34 Asean di Bangkok, Thailand, Sabtu (22/6/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia secara resmi menerima tongkat estafet kepemimpinan Asean Committee in Buenos Aires (ACBA) selama enam bulan, mulai Januari 2021 hingga Juli 2021.

Serah terima dilakukan pada Pertemuan ke-17 Duta Besar negara-negara Asean di Argentina, 25 Januari 2020.

Sejumlah agenda prioritas telah disepakati untuk mempromosikan kepentingan Asean, salah satunya adalah mendorong akses pasar yang lebih luas antara Asia Tenggara dengan Argentina dan Mercosur, blok perdagangan terbesar di Amerika Selatan yang saat ini diketuai Argentina, Brazil, Paraguay, dan Uruguay.

Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang ditandatangani 10 negara Asean dan 5 negara Asia Pasifik pada 15 November 2020 akan menjadi tema sentral dalam diskusi dengan pelaku bisnis dan para pemangku kepentingan strategis lainnya. Hal ini penting karena RCEP merupakan blok perdagangan terbesar kedua di dunia setelah WTO.

Dubes RI untuk Argentina Niniek Kun Naryatie menjelaskan bahwa pemangku kepentingan di negara itu harus terus dikenalkan terhadap potensi RCEP.

"Argentina dan negara-negara Mercosur lainnya bisa memanfaatkan RCEP dan mendapatkan benefit dari sepertiga ekonomi dunia dan lebih dari dua miliar penduduknya ini," kata Niniek dalam keterangan resminya, Rabu (27/1/2021).

Indonesia juga akan terus mendorong proses penjajakan negosiasi perdagangan bebas dengan Mercosur yang tahun ini akan merayakan ulang tahunnya yang ke-30. Di antara anggota Asean, Indonesia dan Vietnam adalah dua negara yang telah memulai pembicaraan awal untuk membahas ruang lingkup negosiasi. Selain itu, untuk pertama kalinya Filipina ditetapkan sebagai koordinator Asean untuk Mercosur.

"Kita akan terus mendorong hubungan yang lebih erat lagi antara Asean dengan Mercosur," lanjutnya.

Agenda tahunan yang masuk ke dalam prioritas adalah mengenalkan Asean kepada publik Argentina. Sebagai pengganti Asean Bazaar yang masih belum bisa terlaksana karena pandemi, ACBA akan mengadakan program donasi buku.

Buku-buku tentang Asean akan diberikan ke Kementerian Luar Negeri Argentina, dengan harapan dapat memperluas wawasan para diplomat Argentina tentang peran Asean di kancah global dan kawasan.

Terkait kondisi pandemi, Dubes Niniek menjelaskan bahwa hal itu akan menambah bobot tanggung jawab Indonesia selaku ketua, karena negara-negara Asean memiliki kepentingan bersama mengenai perkembangan pandemi di Argentina.

"Misalnya vaksinasi Covid-19. Sangat penting untuk memastikan bahwa warga negara Indonesia dan negara-negara Asean lainnya mendapatkan hak menerima vaksin sesuai prioritas yang ditetapkan oleh Pemerintah Argentina. Ini akan lebih mudah apabila dilakukan bersama-sama negara Asean lainnya”, imbuhnya.

ACBA merupakan salah satu Asean Committee on Third Countries and International Organizations, yang tersebar di lebih dari 50 negara. Di Buenos Aires, ACBA beranggotakan lima negara Asean dan memiliki kedutaan besar di Argentina, yakni Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

argentina asean
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top