Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Listyo Sigit Resmi Jadi Kapolri, Khofifah Sampaikan Ini

Konsep presisi yang diusung Kapolri Listyo Sigit menjadi harapan baru bagi seluruh masyarakat Indonesia terhadap Korps Bhayangkara.
Pelantikan Jenderl Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Rabu (27/1/2021). JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Pelantikan Jenderl Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Rabu (27/1/2021). JIBI/Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, SURABAYA - Hari ini Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Kapolri dan menyandang pangkat jenderal.

Pelantikan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian RI (Kapolri) berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Terkait jabatan baru Listyo Sigit, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun menyampaikan ucapan selamat. 

“Selamat bertugas jenderal,” ujar Khofifah dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Rabu siang.

Khofifah sampai saat ini masih menjalani masa isolasi mandiri setelah dinyatakan terinfeksi Covid-19 sejak 1 Januari 2021.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga berharap Kapolri Listyo Sigit mampu membawa Polri menjadi institusi yang benar-benar presisi.

”Semoga Kapolri dapat segera mewujudkan konsepsi Polri yang presisi atau prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan. Tentunya tanpa meninggalkan citra Polri yang humanis, mengayomi, dan melayani,” ucapnya.

Khofifah mengatakan, konsep presisi yang diusung Kapolri Listyo Sigit menjadi harapan baru bagi seluruh masyarakat Indonesia terhadap Korps Bhayangkara.

Masyarakat, kata Khofifah, ingin Polri semakin modern dan inovatif menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks.

”Varian kriminalitas kini semakin banyak tidak hanya kejahatan jalanan. Terlebih di era disrupsi seperti sekarang ini di mana kejahatan bergerak secara virtual tanpa mengenal waktu dan tempat,” ucapnya.

Selain itu, pada situasi pandemik Covid-19 yang sampai sekarang masih berlangsung, Khofifah yakin Kapolri baru mampu mengatasi persoalan-persoalan tersebut, dan meneruskan prestasi-prestasi kepolisian.

Pengangkatan Listyo sebagai Kapolri didasarkan pada Keputusan Presiden No 5 Polri tahun 2021 yang ditetapkan pada 25 Januari 2021. Sedangkan kenaikan pangkat Listyo didasarkan pada Keputusan Presiden No 7 Polri tahun 2021 tertanggal 27 Januari 2021.

Setelah mengucapkan janji, Listyo lalu menandatangani berita acara pelantikan.

Kemudian Presiden Jokowi mengganti tanda pangkat dari semula Komjen Polisi menjadi Jenderal Polisi ke pundak Listyo.

Hadir dalam pelantikan tersebut para pejabat negara dalam jumlah terbatas antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Ketua KPK Firli Bahuri, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper