Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pernyataan Lengkap Listyo Sigit Usai Dilantik Jadi Kapolri

Usai dilantik Listyo bertekad akan menjadikan sosok Polri tegas namun tetap humanis terhadap masyarakat. Selain itu, Listyo juga berjanji akan menjaga stabilitas keamanan untuk mendorong perekonomian.
Pelantikan Jenderl Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Rabu (27/1/2021). JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Pelantikan Jenderl Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Rabu (27/1/2021). JIBI/Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri ke-25 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Dia menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan menjalani masa pensiun. 

Dari lima nama yang diusulkan Presiden menjadi calon Kapolri, Jokowi memilih Listyo Sigit sebagai calon tunggal. Nama Listyo kemudian dibawa ke DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan. 

Listyo mengikuti fit and proper test pada Rabu (20/1/2021) bersama Komisi III DPR di Gedung Parlemen. Setelah itu, Dewan menerima usulan tersebut dan disampaikan melalui sidang paripurna. 

Dia dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Presiden. Setelah pengambilan sumpah, Listyo yang semula berpangkat Komisaris Jenderal dinaikan satu tingkat menjadi Jenderal. 

Adapun, usai dilantik Listyo bertekad akan menjadikan sosok Polri tegas namun tetap humanis terhadap masyarakat. Selain itu, Listyo juga berjanji akan menjaga stabilitas keamanan untuk mendorong perekonomian.

Berikut pernyataan lengkap Kapolri Jenderal Listyo Sigit usai dilantik:

Hari ini kami baru saja melaksanakan pelantikan di mana sebelumnya sudah dimulai dari kegiatan fit and proper, setelah surat Presiden secara tertulis menunjuk saya selaku calon tunggal Kapolri.

Hari Rabu (20/1/2021) kami melaksanakan fit and proper tes dan kemudian diputuskan oleh Komisi III pada saat itu, bahwa kami disetujui untuk selanjutnya dilaksanakan Sidang Paripurna dan sidang paripurna memutuskan bahwa kami disetujui untuk menjadi Kapolri.

Dan rangkaian daripada itu maka hari ini secara resmi Bapak Presiden telah melantik saya menjadi Kapolri yang ke-25.

Oleh karena itu. sebagai mana telah kami sampaikan terkait dengan program yang ada di fit and proper bagaimana ke depan kami berangkat dari potret Polri di mata masyarakat dan apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap Polri tentunya bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis. 

Namun bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan.

Ini tentunya menjadi tugas kami ke depan. Oleh karena itu ini menjadi komitmen kami untuk bagaimana harapan masyarakat tergadap Polri betul-betul bisa kami tindaklanjuti sebagaimana yang kami tuangkan di dalam rencana kami untuk melaksanakan transportasi di 4 bidang.

Dan nanti kita laksanakan rencana aksi di 16 program kegiatan. Oleh karena itu kami ucapkan terima kasih atas dukungan dari masyarakat, sesepuh, para senior dan juga seluruh anggota Polri di manapun berada atas terlaksanakanya pelantikan hari ini.

Dan kami akan melaksanakan tugas menghadapi tantangan ke depan, yang kita ketahui bersama bahwa saat ini kita sedang menghadapi situasi pandemi Covid-19 bagaimana kita berusaha untuk melakukan upaya-upaya penanganan terhadap Covid-19 baik dalam kegiatan yang kita disiplinkan penegakan protokol kesehatan yang terus kita lakukan karena keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi.

Dan bagaimana Polri mengawal pertumbuhan ekonomi nasional sehingga kita semua bisa terlepas dari semua situasi yang ada dan ekonomi bisa kembali bertumbuh dan tentunya itu semua bisa terlaksana apabila stabilitas Kamtibmas semuanya berjalan aman lancar dan baik.

Sekali lagi kami ucapkan terima kasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper