Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Satuan Pengamananan atau Satpam. - Istimewa
Premium

Menguji Urgensi Pam Swakarsa dan Komponen Cadangan

26 Januari 2021 | 16:04 WIB
Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) No. 3/2021 tentang Pelaksanaan UU No. 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara.

Bisnis.com, JAKARTA - Istilah Pam Swakarsa kembali mencuat setelah digaungkan oleh Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo beberapa waktu lalu. Di sisi lain, pembentukan Komponen Cadangan juga terus berjalan.

Pam Swakarsa menjadi salah satu rencana Listyo Sigit apabila dipilih sebagai pengganti Jenderal Idham Aziz yang akan memasuki masa pensiun akhir Januari 2021.

Saat uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI di Senayan Jakarta pekan lalu, Kabareskrim itu menyebut, bahwa Pam Swakarsa akan lebih diperanaktifkan kembali dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Pam Swakarsa harus lebih diperanaktifkan dalam mewujudkan kamtibmas,” katanya, Rabu (20/1/2021).

Rencana pengaktifan kembali Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa sejatinya telah dimulai oleh Kapolri Idham Aziz. Idham telah menerbitkan Peraturan Kapolri No. 4/2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Dalam peraturan tersebut, Idham mengatur tentang Pam Swakarsa secara detail termasuk pangkat, seragam hingga masa pensiun satuan pengamanan. Regulasi ini mengganti Perkap No. 24/2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan Instansi Pemerintah.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top