Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Indonesia Harus Rancang Strategi Usai Pandemi Virus Corona

Untuk memulihkan kondisi ekonomi, maka pemerintah Indonesia sudah bisa menyediakan program perencanaan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno dalam diskusi virtual./istimewa
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno dalam diskusi virtual./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Harvard Club of Indonesia (HCI) menilai Indonesia bisa segera menyusun strategi post-pandemic period dengan ada vaksin dan vaksinasi yang telah dimulai.

Melli Darsa, Presiden Harvard Club of Indonesia (HCI), mengungkapkan strategi tersebut terutama untuk membangun kembali ekonomi dan kehidupan masyarakat.

"Dan tentunya bagaimana roadmap dan strategi untuk memulihkan kembali sektor periwisata yang adalah salah satu primadona ekonomi nasional,” ujar Melli dalam siaran pers yang diterima Bisnis pada Sabtu (23/1/2021).

Dia menuturkan, dalam post-pandemic period ini, Indonesia harus fokus pada tiga hal, yakni menyelamatkan lebih banyak nyawa, menciptakan lapangan kerja, dan memastikan keberlanjutan dari pemulihan ekonomi pasca pandemi sampai dunia bisa benar-benar mengendalikan pandemi ini.

Dia menambahkan, kesiapan sektor kesehatan menjadi kunci untuk pemulihan ekonomi nasional pasca-pandemi.

Pada siaran pers yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan perbaikan kondisi ekonomi tidak akan terjadi selama masyarakat masih takut untuk berinteraksi dan keluar rumah.

Kepercayaan dan rasa aman harus dimunculkan dalam diri setiap orang agar tidak takut bila hendak beraktivitas di luar kediamannya, dengan kebijakan yang tepat di sektor kesehatan.

Menurutnya, ada 4 strategi pemulihan kepercayaan publik yang harus dilakukan sesuai rekomendasi dari World Health Organization (WHO).

“Pertama, diagnosa melalui testing, tracing, and treatment. Kedua, jaminan adanya terapi yang tepat di rumah sakit dan penggunaan obat-obatan ketika anda sakit. Ketiga pemberian vaksin, dan keempat yakni meningkatkan kualitas sistem kesehatan publik,” ujarnya.

Dia menambahkan pembangunan sistem kesehatan publik yang bagus harus dimulai sejak sekarang agar Indonesia tidak lagi kesulitan menghadapi potensi kemunculan pandemi di masa depan.

Selain itu, gerakan bersama harus dilakukan guna mendorong perubahan cara hidup dan perilaku masyarakat pasca-pandemi.

Dengan perubahan cara hidup dan pembiasaan praktik preventif alih-alih kuratif, maka akan ada banyak keuntungan yang diperoleh masyarakat. Selain hidup lebih sehat, produktivitas dan biaya untuk mengatasi masalah kesehatan akan berkurang.  

“Cara hidup sebelum dan sesudah pandemi akan berbeda. Kita harus menerima itu meski sulit untuk dilakukan. Kedua, saya akan memastikan strategi diagnosa melalui testing, tracing, dan treatment dilakukan secara baik hingga kita bisa melandaikan kurva. Upaya melandaikan kurva adalah strategi epidemiologis standar yang selama ini belum kita lakukan secara baik,” tuturnya.

Budi juga menjamin pemenuhan hak setiap warga negara Indonesia untuk mendapat vaksin Covid-19 secara gratis. Dirinya menegaskan, ada dua prinsip yang harus dipahami pihak-pihak yang hendak membantu proses vaksinasi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper