Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Kasus Penembakan 6 Laskar FPI, Ini Pesan Amien Rais ke Jokowi

Amien Rais berharap kasus tewasnya enam Laskar FPI bisa segera masuk pengadilan dan prosesnya dilakukan secara transparan.
Amien Rais/ANTARA-Sigid Kurniawan
Amien Rais/ANTARA-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Amien Rais meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar memastikan pengadilan pada pelaku extrajudicial killing, para pembunuh 6 Laskar FPI agar transparan dan dapat dikawal masyarakat.

Sebagai salah satu anggota Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3), Amien Rais memberi saran agar pengadilan segera melakukan beberapa hal. Pertama pengadilan agar disegerakan.

The sooner the better,” katanya melalui akun Youtube Amien Rais Official, Kamis (21/1/2021).

Kedua, pengadilan pada kasus tersebut agar dibuat benar-benar terbuka dan transparan, sehingga masyarakat bisa mengikuti sejak awal sampai akhir.

“Para pelaku extrajudicial killing, harus ditangkap dan ditahan, jangan sampai lari, dan mudah-mudahanan tidak dilindungi. Syukur-syukur Pak Jokowi minta agar pengadilan betul-betul jujur, terbuka, jangan sampai ada unsur politik masuk, apalagi sampai ada penyesatan, mudah-mudahan tidak ada,” kata Amien.

Amien juga mengingatkan bahwa pemerintah Indonesia jangan sampai jadi otoriter seperti di China, apalagi mengandalkan teknologi untuk mengawasi pergerakan masyarakat, sehingga pelanggaran HAM oleh pemerintah bisa ditutupi dan diabaikan, lenyap begitu saja.

“Ini harus jadi pelajaran. Jangan sampai 6 laskar FPI yang nyawanya lenyap karena pembantaian, penganiayaan, dan pembunuhan akan dibuat lenyap [kabarnya] begitu saja. Saya khawatir Indonesia ini bisa berubah seperti China, di China tak ada lagi demokrasi, adanya otoriter, apa iya kita akan seperti itu?” ujarnya.

Dia juga berharap, orang-orang yang kiranya tahu fakta tentang pembunuhan tersebut tak diam dan bungkam.

“Diam itu kekerasan juga. Kalau kekerasan didiamkan akan tambah besar. Tolong kita bicara, yang benar benar, yang salah salah, yang zalim, yang adil. Bikin masukan itu secara tegas ke lembaga perwakilan, ke Presiden, dan anak buahnya apa Kapolri, struktur dan tokoh-tokoh negara, please speak up, speak out, jangan melempam, jangan diam saja," ujar Amien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper