Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

15 Persen Nakes Gagal Divaksin, Menkes Budi: Orang Indonesia Tidak Sehat

1,2 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac akan diberikan kepada tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan.
Tim Vaksinasi Covid-19./Dok. Satgas Covid-19
Tim Vaksinasi Covid-19./Dok. Satgas Covid-19

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini sudah ada 70.000 orang yang mendapatkan vaksin Covid-19 dari Sinovac. Namun, 15 persen di antaranya tak bisa atau mengalami penundaan divaksin.

Budi mengungkapkan, bahwa 15 persen penerima vaksin tertunda atau ditolak vaksinasi pada saat skrining kesehatan. Sebanyak 4 persen di antaranya, karena komorbid dan 11 persen karena darah tinggi.

“Jadi orang Indonesia nggak sehat, nakes saja 15 persen nggak bisa divaksin,” kata Budi dalam Dialog Vaksin, Rabu (20/1/2021).

Budi mengatakan, penyakit darah tinggi bisa karena tidak sehat, atau karena gugup sebelum divaksin, sehingga tekanan darahnya naik.

Untuk tahap pertama, sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac akan diberikan kepada tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan.

Kementerian Kesehatan telah menyiapkan jumlah sasaran dan kebutuhan vaksin per kabupaten/kota yang datanya dimasukkan dalam sistem informasi yang akan menyiapkan data sasaran berdasarkan nama dan alamat.

Sistem data itu dibuat oleh direktur Telkom dan direktur Bio Farma, yang bisa membantu pemerintah agar masyarakat tak ada yang dapat vaksin ganda.

Setelah tenaga kesehatan divaksin, tahapan selanjutnya vaksin akan diberikan kepada petugas pelayanan publik, baru kemudian kepada masyarakat.

Setelah menggunakan Sinovac, rencana selanjutnya adalah menggunakan vaksin dari Astrazeneca dan Pfizer sekitar Maret-April akan mulai berjalan dan Novavax sekitar bulan Juni.

“Semuanya bisa kita adakan,” kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper