Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Petugas kesehatan memberikan contoh cara memvaksin seorang pasien saat simulasi pemberian vaksin Covid-19 Sinovac di Puskesmas Kelurahan Cilincing I, Jakarta, Selasa (12/1/2021). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja
Premium

Membedah Gambaran Besar Proses Vaksinasi Covid-19

13 Januari 2021 | 20:33 WIB
Sejumlah proses yang cukup panjang akan ditempuh oleh pemerintah Indonesia untuk melakukan vaksinasi secara nasional. Seperti apa gambaran besar proses tersebut?

Bisnis.com, JAKARTA – Program vaksinasi Covid-19 nasional resmi dimulai, setelah Presiden Joko Widodo menjadi orang Indonesia pertama yang disuntik vaksin dari Sinovac, China.

Namun demikian, sebagian masyarakat pun masih bertanya-tanya, seperti apa tahapan lengkap vaksinasi Covid-19 dilakukan secara nasional? Di sisi lain, masih ada pula kekhawatiran terhadap keamanan dari vaksin tersebut.

Guna menjawab sejumlah pertanyaan tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun menjabarkan sejumlah proses, tahapan dan gambaran umum mengenai vaksinasi yang akan dilakukan Indonesia, untuk memerangi pandemi Covid-19.

Budi mengatakan, salah satu fokus pemerintah saat ini adalah menyiapkan regulasi untuk jaminan jaminan apabila terdapat efek samping pascavaksinasi di masyarakat. Regulasi itu rencananya akan dituangkan dalam  revisi Peraturan Presiden Terkait Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). 

"Sekarang ini kami sedang revisi Peraturan Presiden 99," kata Budi saat rapat dengar pendapatan dengan Komisi IX DPR, Rabu (13/1/2021).

Dia berujar pelaporan KIPI tetap akan dilakukan secara secara berjenjang dari Komisariat Daerah (Komda), hingga Komisariat Nasional (Komnas) KIPI.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top