Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkominfo Cek Kesiapan Sistem Satu Data Faskes Jelang Vaksinasi Covid-19

Kominfo juga akan meresmikan kesepakatan bersama dengan Kementerian Kesehatan untuk perlindungan data pribadi dan basis data vaksinasi Covid-19.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate/ ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate/ ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyambangi Puskesmas Jurang Mangu, Kota Tangerang Selatan guna mengecek kesiapan Sistem Informasi Satu Data fasilitas kesehatan tersebut jelang vaksinasi Covid-19.

"Persiapan akhir sebelum vaksinasi Covid-19. Puskesmas ini dilengkapi dengan internet bandwidth yang cukup agar vaksinasi bisa dilakukan dengan baik dan pendataan benar," kata Johnny, saat kunjungan yang disiarkan langsung di akun Youtube kementerian, Selasa (12/1/2021).

Adapun pemerintah bakal menggunakan sistem Satu Data Vaksinasi COVID-19, integrasi data lintas kementerian dan lembaga untuk menghasilkan sistem yang komprehensif. Sistem ini mencakup pendaftaran, distribusi, pelaksanaan hingga pengawasan vaksinasi Covid-19.

Sistem Satu Data Vaksinasi Covid-19 ini juga akan mengintegrasikan tiga aplikasi pemerintah yakni aplikasi PeduliLindungi, yang selama ini digunakan untuk melacak penyebaran virus corona, juga akan dimanfaatkan sebagai platform registrasi ulang masyarakat penerima vaksin.

Aplikasi Primary Care dari BPJS Kesehatan digunakan untuk mencatat hasil vaksinasi. Terakhir, aplikasi SMILE dari Kementerian Kesehatan dan UNDP berfungsi untuk memantau distribusi vaksin Covid-19.

"Sistem keamanan dan kebijakan privasi ketiga aplikasi ini aman, masyarakat tidak perlu khawatir, terutama registrasi ulang di PeduliLindungi," ujarnya.

Dia menyatakan bahwa sistem digital ini bakal didukung tim lapangan dari Babinsa TNI dan Bhabinkamtibmas Polri. Menurut dia, mereka akan membantu masyarakat untuk pendaftaran secara luar jaringan apabila kesulitan registrasi online.

Dia mengatakan Kominfo juga akan meresmikan kesepakatan bersama dengan Kementerian Kesehatan untuk perlindungan data pribadi dan basis data vaksinasi Covid-19.

Johny mengatakan Kominfo lewat Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) sudah menyediakan akses internet di 3.126 titik fasilitas layanan kesehatan pada tahun 2020 lalu. Saat ini terdapat 13.011 fasilitas layanan kesehatan di seluruh Indonesia yang terhubung ke jaringan internet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper