Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Heboh Nama Calon Kapolri yang Dikirim ke DPR, Mahfud: Masih Spekulasi

Menkopolhukam Mahfud MD menegaskan bahwa sampai saat ini, Presiden Jokowi belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  11:19 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD menjadi pembicara kunci saat seminar nasional untuk memperingati HUT Ke-6 Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Jakarta, Selasa (15/12/2020). Seminar tersebut membahas tema Pengelolaan Perbatasan Laut Republik Indonesia. ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra
Menko Polhukam Mahfud MD menjadi pembicara kunci saat seminar nasional untuk memperingati HUT Ke-6 Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Jakarta, Selasa (15/12/2020). Seminar tersebut membahas tema Pengelolaan Perbatasan Laut Republik Indonesia. ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD merespons munculnya nama calon Kapolri yang beredar di media. Dia menyebut hal tersebut masih spekulasi.

Mahfud menerangkan sampai saat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR. Walhasil, belum ada yang tahu siapa sosok yang akan dipilih Jokowi.

"Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih tebak-tebak buah nangka alias spekulasi. Sampai saat ini Presiden belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR," cuit Mahfud melalui Twitter, Selasa (12/1/2021).

Lebih lanjut, Mahfud menyatakan hingga saat ini belum ada yang mengetahui siapa calon Kapolri yang akan diajukan Presiden Jokowi ke DPR.

"Presiden masih terus mempertimbangkan secara seksama siapa yang paling tepat untuk jabatan tersebut," ujarnya.

Mahfud menerangkan, Presiden memiliki cara khas untuk memilih pejabat. Biasanya, Jokowi meminta dibuatkan lima draf surat pengusulan yang berisi nama-nama yang berbeda.

"Pada saat yang tepat beliau tandatangani salah satu sedangkan draf surat yang tidak ditandatangani dimusnahkan. Jadi tak ada yang tahu kecuali setelah diumumkan secara resmi," terangnya.

Adapun, Kapolri Jenderal Idham Aziz akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021. Atas dasar itu, Kompolnas mengusulkan 5 nama kepada Jokowi untuk dipilih menjadi pengganti mantan Kabareskrim tersebut.

Kelima nama tersebut yakni Wakapolri Komjen Gatot Edhy, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli, dan Kalemdikpol Komjen Arief Sulistyanto.

Sebelumnya, santer beredar pemberitaan yang menyebut bahwa Jokowi mengajukan satu nama calon Kapolri ke DPR yaitu Kabareskrim Listyo Sigit Prabowo.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi mahfud md dpr kapolri Calon Kapolri
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top