Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Perhitungan Nilai dari 3 Bansos Tunai yang Bakal Diterima Masyarakat

Pemerintah telah memulai pembagian 3 bansos, yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).
Menteri Sosial Tri Rismaharini usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/12/2020) / Youtube: Setpres RI
Menteri Sosial Tri Rismaharini usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/12/2020) / Youtube: Setpres RI

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah telah meluncurkan tiga bantuan tunai se-Indonesia yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST), Senin (4/1/2021).

Pemerintah telah menyiapkan anggaran di tahun 2021 sebesar Rp110 Triliun untuk bantuan sosial bagi seluruh penerima di 34 provinsi di Indonesia dalam rangka membantu masyarakat mengatasi dampak pandemi Covid-19 serta menggerakkan ekonomi nasional.

Dari Instagram Kementerian Sosial, pemerintah akan menyalurkan PKH selama empat tahap, yakni Januari, April, Juli dan Oktober. Penyaluran dilakukan melalui Bank Himbara, yakni BNI, BRI, Mandiri dan BTN.

Adapun, nilai yang diterima dalam setahun, mencakup ibu hamil senilai Rp3 juta, anak usia dini Rp3 juta, penyandang disabilitas berat Rp2,4 juta dan lanjut usia (70 tahun ke atas) sebesar Rp2,4 juta.

Sementara itu, untuk anak sekolah tigkat SD/MI/Sederajat mendapatkan bantuan Rp900.000, SMP/MTs/Sederajat mendapat Rp1,5 juta dan SMA/MA/Sederajat sebesar Rp2 juta.

Total anggaran yang dikeluarkan adalah Rp28,709 triliun dengan sasaran 10 juta keluarga.

Selanjutnya, penerima BPNT/Program Sembako akan mendapatkan bantuan Rp200.000/bulan/keluarga. Dengan target anggaran adalah Rp42,5 triliun.

Bantuan ini disalurkan dari Januari hingga Desember 2021. BPNT disalurkan melalui Bank Himbara seperti di atas.

Proses pencairan bantuan bisa dilakukan di e-Warong terdekat.

BST sebagai penanganan dampak pandemi Covid-19 akan disalurkan selama empat bulan. Distribusi dimulai Januari hingga April 2021 dengan total anggaran sebesar Rp13,93 triliun. Penyalurannya dilakukan melalui PT Pos Indonesia.

Nilai bantuannya sebesar Rp300.000 per bulan/keluarga.

Adapun, target penerima 10 juta Kelurga Penerima Manfaat (KPM).

"PKH bagi 10 juta KPM disalurkan pada bulan Januari dengan anggaran Rp7,17 triliun, Program Kartu Sembako untuk 18,8 juta KPM disalurkan pada Januari dengan total anggaran Rp3,76 triliun, Bansos Tunai untuk 10 juta KPM disalurkan pada bulan Januari dengan anggaran Rp13,93 triliun," papar Menteri Sosial Tri Rismaharini saat peluncuran dikutip dari Instagram @kemensosri, Senin (4/1/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper