Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Megawati Ajak Kader PDIP Tiru Penerima Kalpataru

Soekarno mengatakan bahwa segala makhluk di dunia ini bisa menjadi teman, bisa memberi perlindungan untuk manusia.
Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri/Antara-Aprillio Akbar
Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri/Antara-Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Penerima Kalpataru adalah orang atau kelompok yang menerima penghargaan atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia.

Menjelang ulang tahun ke-48 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), 47 orang penerima Kalpataru mengikuti webinar bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Kamis (7/1/2021).

Dalam kesempatan itu Megawati mengajak para kader PDIP mencontoh penerima Kalpataru.

"Kalian harus contoh yang menerima Kalpataru. Mereka dengan penuh kesabaran, menginsafkan, mereka menjaga [lingkungan]," ungkap Megawati dari kediamannya pada saat webinar virtual.

Megawati juga meminta kader-kader PDIP selalu belajar, selalu melihat di sekitar. Menurutnya PDIP merupakan partai yang memiliki miltansi untuk berjuang di berbagai aspek kehidupan.

Menurut Mega, kehidupan adalah bagian dari politik yang besar. Oleh karena itu, ia mengingatkan kader PDIP untuk tidak hanya berpolitik, tidak hanya membentuk karier tetapi juga harus menyatu dan bergerak dengan rakyat.

Mengenai turun bertemu rakyat ini, dia lalu mengingatkan jangan hanya melakukan hal ini pada momen-momen tertentu, tetapi harus setiap saat bersatu dan mengajak masyarakat.

"Bukan hanya kalau mau jadi anggota DPR, DPRD, atau lain sebagainya," ungkap mantan Presiden RI ini.

Terkait dengan kepedulian lingkungan, Megawati juga menyemangati dan mendukung upaya-upaya yang dilakukan penerima Kalpataru. Dia bahkan menginginkan ada upaya yang lebih agar penerima Kalpataru bisa bergerak lebih luas untuk menjaga lingkungan.

Megawati juga mengungkapkan bahwa menjaga lingkungan adalah kewajiban seluruh masyarakat. Bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau sebagian kelompok, melainkan seluruh lapisan masyarakat termasuk semua anggota PDIP.

Dia juga menceritakan bagaimana bapaknya, Presiden Pertama RI Soekarno, memperkenalkan kepada anak-anaknya segala jenis pepohonan.

Soekarno selalu mengingatkan Megawati dan saudaranya bahwa Tuhan telah memberikan kesempatan. Soekarno mengatakan bahwa segala makhluk di dunia ini bisa menjadi teman, bisa memberi perlindungan untuk manusia.

Akan mengherankan jika manusia justru yang menebang maupun menghancurkan lingkungan di sekitar, ungkap Megawati. 

Ketua Umum PDIP ini pun menyatakan salut kepada para penerima Kalpataru yang hingga saat ini konsisten menjaga lingkungan. Dia juga meminta para penerima Kalpataru tidak lelah untuk berjuang melindungi lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper