Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Minta Vaksinasi Rampung Kurang dari Setahun, Ini Jawaban Menkes

Menkes Budi menjawab tantangan dari Presiden Jokowi untuk merampungkan vaksinasi dalam kurun 12 bulan atau lebih awal dari target semula yaitu 15 bulan.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin - Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin - Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan tanggapan terkait arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar vaksinasi Covid-19 di Indonesia bisa dirampungkan dalam kurun kurang dari setahun atau lebih cepat dari target awal yaitu 15 bulan.

Menkes Budi mengaku akan mengupayakan proses vaksinasi Covid-19 bisa rampung dalam waktu 12 bulan seperti arahan Presiden Jokowi.

“Apakah bisa dipercepat sehingga bisa selesai dalam waktu 12 bulan? Kami akan berusaha keras dan kami butuh dukungan dari seluruh teman-teman untuk melakukan hal ini,” kata Menkes dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/1/2021).

Lebih lanjut, Budi juga mengungkapkan bahwa distribusi vaksin Covid-19 telah dilakukan ke seluruh provinsi. Dia menargetkan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 telah terdistribusi ke 34 provinsi pada 7 Januari 2021.

“Kami sudah mulai mengirimkan 1,2 juta dosis vaksin ke 34 provinsi di seluruh Indonesia. Kami harapkan vaksinnya dikirim bertahap mulai tanggal 3, 4 dan 5 Januari 2021, bisa selesai didistribusikan paling lambat tanggal 7 Januari 2021 di 34 provinsi seluruh Indonesia,” ujarnya.

Namun, untuk bisa mulai disuntikkan, Menkes menegaskan bahwa vaksin tersebut harus mendapatkan izin Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi meminta agar proses vaksinasi yang semula diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 15 bulan agar dipercepat menjadi kurang dari setahun.

Presiden mengaku telah menyampaikan arahan tersebut kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Menurutnya, percepatan vaksinasi dibutuhkan agar Indonesia dapat segera mengatasi pandemi Covid-19 dan kembali beraktifitas normal.

"Kalau perkiraaan di seluruh dunia ini, vaksinasi selesai 3,5 tahun, kalau di negara kita, insyaallah saya dapat informasi hitung-hitungan pak Menteri [kesehatan] 15 bulan. Tapi masih saya tawar kalau bisa kurang dari setahun harus selesai," ujar Jokowi seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (5/1/2021).

Untuk mengejar target tersebut, Jokowi mengatakan dibutuhkan kerja keras dan kerja sama dari seluruh pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper