Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua LPSK: Belum Ada Saksi Kasus Lobster yang Minta Dilindungi

LPSK tidak bisa memaksakan para saksi untuk menggunakan bantuannya karena keputusan atau permintaan untuk dilindungi harus bersifat sukarela.
Logo LPSK/Antara-Yus
Logo LPSK/Antara-Yus

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, LPSK, Hasto Atmojo memastikan pihaknya siap membantu jika saksi dalam kasus pidana korupsi ekspor benur lobster membutuhkan perlindungan.

“Bagi saksi dalam kasus ekspor benur itu yang bersedia atau berani bersaksi, kami siap memberikan layanan perlindungan tergantung kebutuhannya,” katanya kepada Bisnis, Senin (4/1/2021).

Namun, hingga saat ini, Hasto memastikan bahwa belum ada seorang pun saksi dalam kasus tersebut yang meminta perlindungan dari LPSK.

Di sisi lain, LPSK juga tidak bisa memaksakan para saksi untuk menggunakan bantuannya karena keputusan atau permintaan untuk dilindungi harus bersifat sukarela.

“Kalau saksinya tidak merasa membutuhkan [perlindungan] ya sulit bagi LPSK untuk memberikan layanan,” kata Hasto.

Namun, dia juga tidak menutup kemungkinan bahwa ada saksi yang jutru tidak mengetahui bahwa mereka bisa memperoleh hak perlindungan dan pengamanan dari LPSK.

Hasto pun menyampaikan bahwa LPSK akan terus mensosialisasikan bahwa saksi dan korban dalam sebuah kasus bisa mendapatkan perlindungan penuh sehingga bisa memberi kesaksian dengan yakin dan tenang.

LPSK dapat memberikan beberapa layanan perlindungan terhadap saksi di antaranya pendampingan saat proses peradilan hingga perlindungan penuh di rumah aman (safe house).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper