Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tantangan Jepang Menuju Netralitas Karbon

Pemerintah Jepang telah menyusun sejumlah target spesifik bagi 14 sektor pada Jumat (25/12/2020).
Ilustrasi/ilmupengetahuan.org
Ilustrasi/ilmupengetahuan.org

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Jepang kini menghadapi tantangan dalam segi teknis dan kebijakan terkait upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkannya guna mewujudkan emisi nol bersih gas rumah kaca selambatnya hingga 2050.

Melansir NHK pada Sabtu (26/12/2020). Pemerintah Jepang telah menyusun sejumlah target spesifik bagi 14 sektor pada Jumat (25/12/2020).

Dikatakan bahwa semua penjualan mobil berpenumpang baru harus bertenaga listrik, sel bahan bakar, atau merupakan model hibrida selambatnya pertengahan 2030-an. Pemerintah juga ingin meluaskan kapasitas tenaga angin lepas pantai dari 30 juta kilowatt menjadi 45 juta kilowatt selambatnya pada 2040. Target lainnya adalah meningkatkan penggunaan hidrogen sebesar 10 kali lipat menjadi sekitar 20 juta ton selambatnya pada 2050.

Pemerintah memperkirakan dengan mengembangkan teknologi dan menerapkannya dalam penggunaan nyata sesuai rencana, keuntungan ekonomi per tahun sekitar 870 miliar dolar akan dapat dihasilkan pada 2030 dan sekitar 1,8 triliun dolar pada 2050.

Namun, masih terdapat banyak tantangan teknis guna mencapai tujuan ini. Peningkatan signifikan terkait performa baterai penyimpanan serta persiapan fasilitas pengisian baterai merupakan hal yang penting. Selain itu, biaya guna memproduksi hidrogen juga perlu diturunkan dalam jumlah besar.

Pemerintah mengatakan pihaknya akan menyokong semua sektor industri dengan mengerahkan penuh bantuan anggaran, pajak, finansial, serta langkah-langkah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper