Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampingi Budi Gunadi Sadikin, Wamenkes Dante Beberkan Pesan dari Jokowi

Dante Saksono Harbuwono resmi dilantik menjadi Wakil Menteri Kesehatan mendampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin yang bukan berlatar belakang dari bidang kesehatan.
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono - Youtube Setpres
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengaku diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempercepat penyerapan anggaran di Kementerian Kesehatan secara efektif.

Menurutnya, penyerapan anggaran secara efektif ini sangat penting karena Indonesia saat ini masih menghadapi pandemi Covid-19.

“Mengingat situasi kondisi yang sekarang dalam kondisi pandemi, maka serapan itu harus efektif, harus tepat guna dan harus maksimal. Serapan anggaran tersebut menjadi tulang punggung kita untuk mengatasi pandemi ini secara cepat,” ujar Dante di Istana Merdeka Jakarta, dikutip dari YouTube Sekretaris Presiden, Rabu (23/12/2020).

Kemudian, sambungnya, Kemenkes akan bersinergi dengan semua pihak, sesuai arahan Menkes Budi Gunadi Sadikin, terkait vaksinasi Covid-19 agar berjalan cepat, tepat dan sesuai rencana sehingga herd immunity bisa terbentuk.

Seperti diketahui, pagu anggaran di Kementerian Kesehatan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2021 naik menjadi Rp84,3 triliun karena pemerintah fokus menangani masalah kesehatan dampak pandemi Covid-19.

Pagu anggaran tersebut meningkat dibandingkan anggaran tahun ini yang mencapai Rp78,5 triliun dan tahun 2019 sebesar Rp67,3 triliun.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dante Saksono Harbuwono resmi dilantik menjadi Wakil Menteri Kesehatan mendampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin yang bukan berlatar belakang dari bidang kesehatan.

Dante diketahui sebagai Dokter sekaligus Komisaris PT Pertamina Bina Medika IHC. Berdasarkan laman Dewan Komisaris PT Pertamina Bina Medika IHC, Dante lahir di Temanggung pada 23 Maret 1973.

Dia menyelesaikan Sekolah Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1997. Kemudian, menyelesaikan Sekolah Kedokteran Spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 2004.

Tahun lalu, 2019,  Dante baru saja mendapatkan gelar Doktor dari University of Yamanashi Jepang. Sejak 2017, Dante menjabat sebagai Ketua Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper