Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Abdul Mu'ti Menolak Tawaran Jokowi Jadi Wakil Menteri. Kenapa?

Pagi ini dda enam nama yang beredar menjadi wakil menteri, salah satunya Abdul Mu'ti. Namun, belakangan nama Abdul Mu'ti tidak muncul dalam susunan acara pelantikan menteri dan wakil menteri. Kenapa?
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti/umm.ac.id
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti/umm.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti diketahui ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi wakil menteri. Rencananya pelantikan sama-sama dengan enam menteri baru pada hari ini, Rabu (23/12/2020).

Pagi ini sempat beredar nama-nama calon wakil menteri yang dipilih Jokowi. Ada enam nama yang beredar, salah satunya Abdul Mu'ti. Namun, belakangan nama Abdul Mu'ti tidak muncul dalam susunan acara pelantikan menteri dan wakil menteri.

Kabarnya, Abdul Mu'ti akan didapuk menjadi Wakil Menteri Agama berpasangan dengan Yaqut Cholil Qoumas. Namun, menurut informasi, Abdul Mu'ti memilih untuk tidak menerima tawaran dari Jokowi tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Anwar Abbas, Ketua PP Muhammadiyah. Menurutnya, Abdul Mu'ti diminta agar tetap fokus menggurus Muhammadiyah sehingga tidak menerima tawaran dari Jokowi untuk menjadi wamen.

"Diminta untuk fokus ngurus organisasi. Bukan ditolak ya, cuma tidak diambil," ujarnya melalui pesan singkat kepada Bisnis, pagi ini.

Bisnis mencoba menghubungi Abdul Mu'ti, tetapi belum merespons. Abdul Mu'ti adalah dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dia baru saja ditetapkan menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah pada 2 September 2020, tepat pada ulang tahunnya ke-52.

Abdul Mu'ti lahir di Kudus pada 2 September 1968. Dari kecil dia mengenyam pendidikan di Muhammadiyah. Dia adalah jebolan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo (Semarang, 1991).

Dia sempat mengenyam mengikuti pembibitan calon dosen IAIN Jakarta (2002-2003), School of Education, Flinders University of South Australia pada 1997, Short Course on Governance and Shariah the University of Birmingham 2005, dan Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah 2008.

Sejak 2014 Abdul Mu’ti menjadi dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Dengan pilihan Abdul Mu'ti untuk tetap mengabdi di Muhammadiyah, berarti hanya lima wakil menteri yang dilantik Jokowi pagi ini. Beriku susunan menteri, wakil menteri dan pimpinan lembaga yang dilantik:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial

2. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan

3. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama

4. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan

5. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan

6. Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

7. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri

8. Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri

9. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri

10. Harfiq Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri

11. Pahala N, Mansyuri sebagai Wakil Menteri

12. Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN)

13. Hartono Prawiraatmadja sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper