Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terlengkap! Segini Harta Kekayaan 6 Menteri Baru Jokowi

Selain melihat rekam jejak, masyarakat juga bertanya-tanya berapa isi dompet atau harta kekayaan keenam usai penguman reshuffle kabinet. Berikut total kekayaan menteri baru Jokowi.
Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan 6 menteri baru untuk bergabung dengan Kabinet Indonesi Maju, Selasa (22/12/2020) / Dok. Sekretariat Presiden RI
Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan 6 menteri baru untuk bergabung dengan Kabinet Indonesi Maju, Selasa (22/12/2020) / Dok. Sekretariat Presiden RI

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo akhirnya resmi melantik enam orang menteri baru di Kabinet Indonesia Maju pada hari ini, Rabu pagi (23/12/2020) usai pengumuman reshuffle kabinet kemarin. 

Selain melihat rekam jejak, masyarakat juga bertanya-tanya berapa sebenarnya isi dompet atau harta kekayaan keenam menteri baru setelah publik menunggu sosok menteri terkait reshuffle kabinet Selasa (23/12/2020).

Seperti diketahui, Tri Rismaharini menjabat Menteri Sosial yang menggantikan Juliari P. Batubara dan Sakti Wahyu Treggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan yang menggantikan Edhy Prabowo. Kedua menteri ini menggantikan dua menteri yang sebelumnya tersandung kasus korupsi.

Kemudian, Sandiaga Salahudin Uno dipilih Jokowi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, serta Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama.

Dihimpun dari laman Laporan Harta Kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN) pada Rabu (23/12/2020), Berikut harta kekayaan enam calon menteri baru yang akan dilantik Jokowi:

1. Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Berdasarkan situs elhkpn.kpk.go.id mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini terakhir kali menyerahkan LHKPN pada 2018 saat hendak maju sebagai Calon Wakil Presiden. Tercatat kekayaan Sandi mencapai Rp5,09 triliun.

Berdasarkan laporan itu, Sandi memiliki 15 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta hingga Amerika Serikat dengan nilai total Rp191,6 miliar.

Dia juga memiliki dua mobil merek Nissan dengan nilai total Rp325 juta. Selain itu Sandi tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp3,2 miliar, surat berharga senilai Rp4,7 triliun, kas dan setara kas Rp495,9 miliar, serta harta lainnya senilai Rp41,2 miliar. Sandiaga juga tercatat memiliki utang senilai Rp340,02 miliar.

2. Sakti Wahyu Trenggono (Menteri KKP)
Sakti melaporkan kekayaannya pada 2019 ketika diangkat menjadi Wakil Menteri Pertahanan. Kemudian tercatat memiliki total kekayaan sebesar Rp1,95 triliun.

Mantan Wakil Menteri Pertahanan tersebut memiliki 42 tanah dan bangunan yang tersebar di beberapa tempat di Pulau Jawa senilai Rp54,5 miliar. Selain itu, dia juga memiliki motor dan lima mobil mewah yang bernilai Rp6,1 miliar serta harta bergerak lainnya sebesar Rp16,2 miliar.

Sebagian besar harta Sakti terdapat pada surat berharga yang bernilai Rp1,6 triliun. Kemudian juga ada tambahan kas dan setara kas sebesar Rp141,75 miliar, serta harta lainnya bernilai Rp61,5 miliar.

3. Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan)
Budi Gunadi terakhir kali melaporkan harta kekayaannya ke KPK pada 17 Maret 2020 saat menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN. Tercatat kekayaan Budi mencapai Rp161,7 miliar. Secara rinci, Budi Gunadi memiliki 6 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta dan Bekasi dengan nilai total Rp89 miliar.

Dia juga tercatat memiliki 3 mobil merek Mercedes Benz, Mazda, dan Mini Cooper dengan nilai total Rp1,02 miliar. Mantan Dirut Bank Mandiri itu tercatat memiliki harta bergerak lainnya sejumlah Rp4,3 miliar, surat berharga senilai Rp63,2 miliar, kemudian kas dan setara kas sejumlah Rp4,2 miliar. Budi tidak memiliki utang.

4. Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan) 
Lutfi terakhir melapor LHKPN sewaktu menjabat sebagai Menteri Perdagangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2014 silam. Tercatat total kekayaan berdasarkan LHKPN tahun 2014 mencapai Rp123,5 miliar.

Dia memiliki 3 bidang tanah dan bangunan senilai Rp37,7 miliar. Tercatat juga Budi memiliki 2 mobil dan 1 motor dengan nilai total Rp2 miliar. Harta bergerak lainnya milik Lutfi senilai Rp8,67 miliar. Kemudian Lutfi Juga tercatat memiliki surat berharga senilai Rp85,7 miliar, giro dan setara kas senilai Rp2,5 miliar, serta utang Rp13,2 miliar.

5. Tri Rismaharini (Menteri Sosial) 
Wali Kota Surabaya yang dipilih menjadi Mensos ini terkahir kali menyerahkan LHKPN pada Maret 2019. Tercatat dia memiliki harta kekayaan sejumlah Rp7,1 miliar.

Risma memiliki 4 bidang tanah dan bangunan senilai Rp6,4 miliar. Politis PDI Perjuangan itu juga tercatat memiliki alat transportasi dan mesin berupa 2 buah mobil senilai Rp985 juta. Dia juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp85 juta, kas dan setara kas senilai Rp580,4 juta, serta utang sejumlah Rp952,4 juta.

6. Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama) 
Yaqut terakhir melaporkan harta kekayaannya melalui elhkpn pada 2018 saat menjadi anggota DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Jumlah harta kekayaan Yaqut tercatat sebesar Rp936,4 juta.

Dilaporkan bahwa Yaqut memiliki tanah dan bangunan senilai Rp47,1 juta, serta dua mobil seharga Rp882 juta. Selain itu dia juga memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp1,5 juta dan menyimpan kas dan setara kas senilai Rp5,8 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper