Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketum Hipmi Reuni di Kabinet Jokowi

Ini kali pertama, ada empat kader HIPMI reuni dalam satu periode pemerintahan
Menteri BUMN Erick Thohir menggah foto lawas dengan Sandiaga Uno dan M. Lutfi / Instagram @erickthohir
Menteri BUMN Erick Thohir menggah foto lawas dengan Sandiaga Uno dan M. Lutfi / Instagram @erickthohir

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) Selasa (22/12/2020) sore mengumumkan reshuffle pertama kabinet Indonesia Maju. Ada 6 nama yang dia sebut sebagai calon menteri yang rencananya akan dilantik besok, Rabu (23/12/2020).

Nama pertama adalah Tri Rismaharini, yang akan duduk sebagai menteri sosial menggantikan Juliari P. Batubara yang telah diseret KPK. Kemudian Sandiaga Salahudin Uno yang akan menggantikan Wishnutama sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Nama ketiga adalah Budi Gunadi Sadikin, seorang bankir yang dipilih menjadi calon menteri kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Lalu, ada Yaqut Cholil Qoumas sebagai menteri agama menggantikan Fachrul Razi.

Adapula Wahyu Trenggono sebagai menteri KKP menggantikan Edhy Prabowo Sakti yang telah non-aktif setelah diduga korupsi izin impor benih lobster. Terakhir, Muhammad Lutfi, menteri perdagangan era Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono yang dipercaya mengisi kursi yang sama oleh Jokowi.

Salah satu hal yang menarik dari deretan calon menteri tersebut adalah dua di antaranya merupakan mantan ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), yakni Sandiaga Uno dan Muhammad Lutfi.

Kedua nama tersebut pun dekat dengan Menteri BUMN Erick Thohir. Saat Sandiaga memimpin pada tahun 2005--2008, Erick adalah pengurus HIPMI.

Erick dan Sandiaga juga merupakan sahabat lama yang berteman sejak kecil. Namun keduanya sempat berseberangan secara politik, saat Erick menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf, sedangkan Sandiaga maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

Sementara itu, kisah pertemanan Erick dan Lutfi dimulai di bangku kuliah. Keduanya sama-sama menempuh pendidikan tinggi di Purdue University, Amerika Serikat.

Tidak cuma di situ, Erick dan Lutfi juga merintis Mahaka Group bersama Wishnu Wardhana dan Harry Zulnardy. Perusahaan itu, kini dikenal sebagai salah satu penguasa media.

Selain tiga orang itu, juga ada kader HIPMI yang duduk di posisi penting pada pemerintahan Jokowi jilid II ini. Dia adalah Ketua Umum HIPMI 2015--2019 Bahlil Lahadalia yang dipercaya Jokowi untuk mengurus Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Sebenarnya ini bukan kali pertama kader organisasi para pemilik modal itu duduk di kursi menteri. Setidaknya ada 5 nama ketum HIPMI lain yang juga pernah duduk di kursi menteri.

Namun rasanya ini kali pertama, ada empat kader HIPMI reuni dalam satu periode pemerintahan. Semoga ini menjadi sinyal positif untuk pemulihan ekonomi Indonesia yang tentu tanpa melupakan penyelesaian isu kesehatan pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper