Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meski Pandemi, DPR Tetap Jalankan Tugas Konstitusional

DPR sedang membahas Program Legislasi Nasional (Prolegnas) RUU Prioritas Tahun 2021, dan akan ditetapkan pada masa sidang yang akan datang.
Puan Maharani/Antara-Rivan Awal Lingga
Puan Maharani/Antara-Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA - DPR memastikan tugas konstitusional tetap berjalan meski penyebaran dan penularan covid-19 belum menunjukkan adanya tren penurunan.

Ketua DPR Puan Maharani memastikan situasi pandemi Covid-19 tidak mengurangi tekad dan komitmen DPR RI untuk melaksanakan fungsi dan tugas konstitusionalnya. Termasuk tugas legislasi dalam rangka memenuhi kebutuhan hukum nasional.

“Pada Masa Sidang II ini, dalam menjalankan fungsi legislasi, DPR telah berupaya secara sungguh-sungguh dalam menghasilkan undang-undang yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan hukum nasional,” ungkap Puan yang dikutip dari laman resmi DPR, Sabtu (12/12/2020).

Politisi dari PDI Perjuangan ini menuturkan, saat ini DPR sedang membahas Program Legislasi Nasional (Prolegnas) RUU Prioritas Tahun 2021, dan akan ditetapkan pada masa sidang yang akan datang. 

Menurutnya, proses penyusunan daftar Prolegnas Prioritas Tahun 2021 yang dilakukan DPR dan Pemerintah bersama dengan DPD akan menjadi pedoman untuk menentukan target legislasi DPR pada tahun 2021.

Puan menambahkan, daftar Prolegnas Prioritas Tahun 2021 disusun dengan mempertimbangkan kemampuan kinerja pembahasan RUU dalam Situasi Covid-19 serta prioritas kebutuhan hukum nasional.

 “Dengan demikian produk legislasi yang dihasilkan akan efektif untuk melaksanakan kebijakan negara yang sangat dibutuhkan saat ini,” jelas perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI itu.

Pada tahun 2020 ini, tercatat DPR bersama dengan Pemerintah dan dengan melibatkan DPD sesuai kewenangannya, telah menetapkan sebanyak 13 (tiga belas) RUU menjadi Undang-Undang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper