Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

47 Daerah Jadi Zona Merah, Penerapan 3M Jangan Sampai Kendor!

Per 11 Desember 2020, Satgas Penanganan Covid-19 mencatat ada 47 kabupaten/kota berada di zona merah dan 371 kabupaten/kota berada di zona oranye.
Tata cara memakai masker baik dan benar/ Freepik
Tata cara memakai masker baik dan benar/ Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Hal itu menunjukkan bahwa ancaman virus Corona (Covid-19) masih mengintai. Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per 11 Desember 2020, ada 47 kabupaten/kota yang berada pada zona merah atau risiko tinggi Covid-19.

Selain itu, Satgas juga mencatat ada 371 kabupaten/kota per 11 Desember 2020 yang berada pada zona oranye atau risiko sedang.

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPCPEN) pun mengimbau agar situasi tersebut menjadi refleksi dan instropeksi seluruh pihak jika ingin pandemi segera berakhir.

"Kita tidak boleh acuh pada 3M [memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan]. Kita juga perlu mendukung upaya pemerintah menjalankan 3T [testing, tracing, treatment]," tulis KPCPEN melalui akun instagram @lawancovid19_id, Sabtu (12/12/2020).

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa daerah yang berada di zona oranye bukan berarti ada di zona nyaman.

"Zona risiko sedang bukanlah zona nyaman. Tidak menutup kemungkinan, daerah zona risiko sedang dapat berpindah ke zona risiko tinggi apabila pemerintah daerah maupun masyarakatnya lengah," ujar Wiku.

Sementara itu, pada 11 Desember 2020, kasus konfirmasi Covid-19 secara nasional bertambah 6.310 kasus sehingga totalnya menjadi 605.243 orang.

Di sisi lain, kasus sembuh Covid-19 bertambah 4.911 kasus sehingga totalnya menjadi 496.886 orang, sedangkan kasus meninggal bertambah 175 orang sehingga totalnya menjadi 18.511 orang.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper