Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua DPR Berharap Kerja Sama RI-China Berlanjut Hingga Pandemi Bisa Diatasi

Kerja sama China dengan Indonesia dalam penanggulangan pandemi Covid-19 diharapkan akan terus berlanjut hingga wabah global itu bisa diatasi.
Puan Maharani/Antara-Istimewa
Puan Maharani/Antara-Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak berbagai pihak di China untuk bekerja sama dengan Indonesia di bidang industri alat kesehatan dan farmasi guna menangani persoalan pandemi Covid-19.

Menurutnya, kerja sama itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas peralatan kesehatan, vaksin, dan obat-obatan. Hal itu disampaikannya dalam kerangka kerjasama dengan antar parlemen Indonesia dengan China sebagai negara yang sama-sama tengah menanggulangi wabah Covid-19.

Puan berharap kerja sama China dengan Indonesia dalam penanggulangan pandemi Covid-19 akan terus berlanjut hingga wabah global itu bisa diatasi.

Adapun, terkait pengembangan vaksin Covid-19 bersama, Puan berharap kerja sama berjalan sesuai dengan tenggat waktu yang diharapkan.

“Saat ini, vaksin sudah mulai tersedia dan memasuki tahap pengadaan vaksin. Tahap selanjutnya perlu dibahas bagaimana menjamin ketersediaan vaksin yang terjangkau,” ujar Puan, Jumat (11/12/2020).

Puan menuturkan, pandemi Covid-19 merupakan krisis global yang tidak dapat ditangani satu negara. Karenanya, memerlukan solusi bersama dan kerja sama internasional menjadi semakin relevan.

“Kerja sama internasional telah dilakukan Indonesia, baik di berbagai forum internasional, termasuk dengan Tiongkok,” kata Puan saat berkonunikasi secara virtual dengan pimpinan parlemen China.

Dia menambahkan bahwa Indonesia mengapresiasi kerja sama dengan China dalam penanggulangan dampak Covid-19. Dalam pertemuan virtual tersebut, dibahas pula kerja sama ekonomi dan investasi.

Mengingat Indonesia baru saja mengesahkan Undang-Undang Cipta Kerja, Puan mengatakan hal tersebut dapat menjadi kesempatan lebih besar bagi perusahaan Tiongkok untuk berinvestasi di Indonesia.

“Investasi China diharapkan juga yang beradaptasi dengan tujuan pembangunan di Indonesia, memprioritaskan tenaga kerja Indonesia, serta melakukan transfer teknologi,” ujar Puan.

Sementara itu, terkait kerja sama bilateral Indonesia–China, selain perlunya kerja sama bidang politik dan ekonomi, Puan menyampaikan harapan untuk dilakukan lebih erat kerja sama bidang sosial budaya dan meningkatkan saling kunjung sesama warga (people-to-people exchange).

Pada kesempatan ini, disinggung pula upaya peningkatan kerja sama antar parlemen kedua negara. Kerja sama antar Parlemen perlu dilakukan tidak saja menyangkut fungsi Parlemen, namun juga agar kerja sama ini berdampak riil kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper