Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Baru Virus Corona di Korea Selatan Kembali Lampaui 600 Kasus

Bioskop, kafe internet, akademi swasta, peritel dan pasar tidak dapat beroperasi melewati jam 9 malam.
Seorang wanita menjalani tes Covid-19 di sebuah klinik darurat di Seoul, Korea Selatan (26/8/2020)./Antara/Reuters-Kim Hong-Ji
Seorang wanita menjalani tes Covid-19 di sebuah klinik darurat di Seoul, Korea Selatan (26/8/2020)./Antara/Reuters-Kim Hong-Ji

Bisnis.com, JAKARTA - Penambahan kasus harian Covid-19 di Korea Selatan pada Senin (7/12/2020) kembali melampaui 600 kasus atau sudah dua hari berturut-turut menembus angka tersebut.

Melansir The Korea Times, Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (Korea Disease Control and Prevention Agency/KDCA) melaporkan penambahan 615 kasus Covid-19 di Negeri Ginseng, termasuk 580 infeksi lokal. Dengan demikian keseluruhan kasus terkonfirmasi bertambah menjadi 38.161,

Sementara itu, untuk kasus kematian bertambah empat kasus sehingga total kasus kematian bertambah menjadi 549 kasus.

Kenaikan tajam dalam kasus virus baru setiap hari memaksa otoritas kesehatan untuk menaikkan tingkat tindakan jarak sosial negara itu satu tingkat menjadi 2,5, tertinggi kedua di bawah sistem lima tingkat, di wilayah Seoul yang lebih besar pada Selasa selama tiga minggu ke depan.

Level tertinggi ketiga dari 2 akan diterapkan untuk area lainnya. Tingkat jarak sosial negara itu dinaikkan menjadi Level 2 di wilayah Seoul yang lebih besar sekitar dua minggu lalu, yang mencakup penangguhan fasilitas hiburan, seperti klub malam.

Mulai 1 Desember 2020 selama satu minggu, pihak berwenang menerapkan pembatasan tambahan pada sauna, pusat aerobik, dan fasilitas serupa di mana Covid-19 dapat dengan mudah menyebar.

Namun, langkah-langkah jarak sosial yang diperkuat gagal mengendalikan percepatan penyebaran virus baru di wilayah Seoul yang lebih luas.

Di bawah Level 2.5, pertemuan dengan 50 orang atau lebih dilarang, sementara bisnis penjualan dari pintu ke pintu, ruang karaoke, fasilitas kebugaran dalam ruangan dan tempat konser dalam ruangan yang menawarkan pertunjukan berdiri akan dipaksa untuk ditutup, selain klub malam dan bar.

Restoran tidak dapat menerima pelanggan setelah jam 9 malam. tetapi dapat menawarkan takeout dan pengiriman. Kafe hanya boleh menyajikan makanan untuk dibawa pulang setiap jam.

Bioskop, kafe internet, akademi swasta, ruang belajar, taman hiburan, salon kecantikan, toko tukang cukur, toko kelontong besar, dan department store tidak dapat beroperasi melewati jam 9 malam.

Jam malam untuk fasilitas-fasilitas tersebut telah diberlakukan di Seoul sejak Sabtu, karena pemerintah kota berusaha untuk terlebih dahulu mengekang infeksi yang melonjak di daerah ibu kota. Layanan transportasi umum kota juga berkurang 30 persen.

Acara olahraga diperbolehkan tanpa penonton sementara layanan keagamaan hanya tersedia secara online atau melalui siaran. Kegiatan keagamaan secara langsung, jika perlu, diizinkan dengan 20 peserta atau kurang.

Berdasarkan wilayah, 231 kasus yang dikonfirmasi dilaporkan di Seoul dan 154 dari sekitar Provinsi Gyeonggi. Incheon, sebelah barat Seoul, menambahkan 37 kasus lagi. Wilayah Seoul yang lebih luas adalah rumah bagi sekitar setengah dari 51,6 juta penduduk negara itu.

Jumlah kasus impor mencapai 35, naik dari 32 hari sebelumnya. Mereka termasuk 12 dari Amerika Serikat dan sembilan dari Eropa.

Jumlah pasien Covid-19 dengan gejala serius di seluruh negeri mencapai 126, naik dari 125 pada Minggu (6/12/2020). Jumlah total orang yang dibebaskan dari karantina setelah pulih total mencapai 29.301, naik 173 pada hari yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper