Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Sosial & Menteri Kelautan Aktif Ditangkap KPK, Pengamat: Coreng Wajah Jokowi

Meski usia kabinet Joko Widodo dalam periode kedua baru 1 tahun, namun dua menteri aktif yakni Menteri Sosial Juliari Batubara serta Menteri Perikanan dan Kelautan Edhy Prabowo ditangkap KPK terkait korupsi.
Juliari P. Batubara (dasi merah)/Istimewa
Juliari P. Batubara (dasi merah)/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pasca penangkapan Menteri Sosial Juliari Batubara serta Menteri Kelautan dan Perikanan  Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, Presiden Joko Widodo diminta segera membersihkan kabinetnya dari potensi lainnya. 

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai tertangkapnya Menteri Sosial Juliari P Batubara akibat korupsi dana bantuan sosial Covid-19 akan berdampak buruk pada pemerintahan Joko Widodo.

Tertangkapnya Juliari yang mengurus penyaluran berbagai bantuan dari pemerintah kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 membuat kepercayaan publik menurun.

“Berdampak buruk sekali terhadap pemerintahan Jokowi. Sebab Kementerian Julianri vital bersinggungan langsung dengan kebutuhan rakyat yang sedang berjuang melawan Pandemi,” katanya kepada Bisnis, Minggu (6/12/2020).

Juliari Batubara yang juga Wakil Bendahara PDI Perjuangan tersebut ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dana bansos Covid-19. Dia diduga menerima fee dari tiap paket bantuan yang diserahkan kepada penerima sebesar Rp10.000.

Dengan status ini, Hendri menyebutkan juga menampar keras PDI Perjuangan dan Ketua Umum Megawati. Pasalnya partai dengan lambang kepala banteng itu kerap berteriak sebagai partai wong cilik. Kini malah mengambil jatah wong cilik.

“Julianri juga menampar keras PDI Perjuangan dan Megawati yang kerap berteriak sebagai partainya wong cilik. Partai wong cilik korupsi dari jatah wong cilik,” tuturnya.

Di sisi lain, dia memberi apresiasi kepada Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) karena telah menangkap koruptor di Kabinet Indonesia  Maju. Kata dia, KPK seakan menjawab tuduhan bahwa saat ini mereka lemah dan tak bertaji.

Atas kondisi ini, Jokowi diminta segera membersihkan oknum koruptor di kabinetnya dan segera bangkit mengejar target pembangunan.

“Mestinya para Menteri Jokowi yang sudah terjerat KPK paham arti pernyataan Jokowi bahwa dirinya tanpa beban dan hukum harus diberlakukan sama tanpa tebang pilih,” terangnya.

Juliari P Batubara menjadi menteri kedua di Kabinet Indonesia – Maju yang terjaring operasi tangkap tangan. Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo juga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi ekspor benih lobster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper