Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lagu-lagu 20 Detik Cuci Tangan Dicetak Dalam Piringan Hitam

Gerakan #20DetikCuciCorona menyerahkan secara simbolis kompilasi 70 lagu hasil karya musisi Indonesia dalam bentuk piringan hitam./Istimewa
Ilustrasi gerakan #20DetikCuciCorona./Istimewa
Ilustrasi gerakan #20DetikCuciCorona./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejak awal pandemi Covid-19, Gerakan #20DetikCuciCorona mengajak musisi Indonesia untuk mendonasikan lagu berdurasi 20 detik untuk menemani masyarakat cuci tangan. Seperti diketahui 20 detik merupakan waktu yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan untuk mencuci tangan guna mencegah penularan virus Corona.

Sebelumnya, 70 lagu berdurasi 20 detik tersebut dikumpulkan dalam playlist di beberapa platform digital dan diputar masyarakat. Kali ini, seluruh karya tersebut dikonversi ke dalam piringan hitam atau vinyl dan kemudian diserahkan kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

“Salah satu cara mengedukasi masyarakat Indonesia adalah dengan menyentuh rasa mereka. Salah satunya lewat musik,” ujar Dhani Hargo, salah satu inisiator gerakan #20DetikCuciCorona, mengutip keterangan resmi, Kamis (3/12/2020).

Hargo menjelaskan bahwa piringan hitam dapat menjaga karya musisi tersebut selama lebih dari 100 tahun. Menurutnya, penyimpanan dan pengarsipan karya menjadi penting, karena situasi pandemi bisa berulang dalam jangka waktu tertentu. Sehingga bisa menjadi pembelajaran di masa depan.

Adapun seluruh rangkaian kampanye sosial yang dijalankan sejak April lalu ini dilakukan secara kolaboratif. Arya Gumilar, salah satu inisator gerakan #20DetikCuciCorona menjelaskan gerakan ini murni berangkat dari semangat gotong royong yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

“Gerakan ini turut dibantu oleh musisi Tanah Air, komunitas-komunitas daerah, dapat megatron gratis dari pengusaha daerah, video yang direkam supir truk, logo gerakan yang dibuatkan oleh pengusaha seprai, Mbah Budi, sampai produksi vinyl disponsori oleh SAC Indonesia dan BAYK, dan bahkan cetak covernya digratiskan oleh Sribu printing,” jelas Arya.

 Sementara itu Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengucapkan terima kasih atas kepedulian membantu pengendalian penyebaran virus Corona.

“Semoga seluruh masyarakat yang memang sering mendengarkan musik dan lagu menjadi lebih mudah untuk memahami dan mempraktikkan cara cuci tangan dengan baik sehingga dapat terhindar dari virus corona,” kata Wiku.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper