Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inggris Akan Jadi Negara Pertama yang Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19 Pfizer

Izin penggunaan diperkirakan keluar pekan depan, sedangkan vaksinasi akan dimulai pada 7 Desember mendatang.
Vaksin Pfizer dan BionTech
Vaksin Pfizer dan BionTech

Bisnis.com, JAKARTA – Inggris akan menjadi negara pertama yang menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Pfizer Inc. dan BioNTech SE sebelum negara-negara lainnya.

Dilansir dari Bloomberg, salah satu sumberyang mengetahui persoalan ini mengatakan izin penggunaan diperkirakan akan keluar paling cepat pekan depan.

Inggris telah lama mengisyaratkan akan bergerak cepat untuk menyetujui penggunaan vaksin. Rusia dan China telah membebaskan vaksin untuk penggunaan umum, tetapi kemungkinan besar tidak akan diadopsi di Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Sementara itu, dokter Inggris telah bersiap untuk kemungkinan peluncuran vaksin sebelum Natal. Pemerintah menerapkan aturan khusus yang memungkinkan regulator obat Inggris mendahului negara-negara Uni Eropa saat Inggris bersiap untuk menyelesaikan periode transisi Brexit pada akhir tahun ini.

Sementara itu, Badan Pengatur Produk Perawatan dan Obat-obatan Inggris (Medicines and Healthcare Products Regulatory Agency/MHRA) juga memulai tinjauan penggunaan vaksin sendiri yang lebih cepat dari negara lain.

Awal pekan ini, MHRA mengatakan memiliki data yang diperlukan untuk menilai apakah vaksin Pfizer memenuhi standar yang disyaratkan, karena hasil uji klinis vaksin Pfizer menunjukkan efektivitas hingga 95 persen terharap hamper 44.000 orang tanpa efek samping yang signifikan.

“[Kami] akan membuat keputusan dalam waktu sesingkat mungkin, tanpa mengorbankan ketelitian peninjauan kami," ungkap MHRA, seperti dikutip Bloomberg.

Financial Times sebelumnya melaporkan bahwa vaksinasi pertama dapat dilakukan mulai 7 Desember mendatang.

Kabar bahwa Inggris dapat menyetujui penggunaan vaksin datang ketika Nadhim Zahawi, menteri junior Departemen Bisnis, ditunjuk sebagai menteri yang mengawasi peluncuran vaksin Covid-19.

Inggris telah memesan cukup dosis vaksin Pfizer-BioNTech untuk dua kali mengimunisasi 20 juta orang, meskipun jumlah tersebut hampir pasti tidak akan tersedia dengan segera. Perusahaan juga memiliki kesepakatan untuk memasok ratusan juta vaksin ke Eropa, AS, Jepang, dan negara lain.

Vaksin Pfizer-BioNTech telah melesat ke garis terdepan setelah penundaan uji coba vaksin dari AstraZeneca Plc dan Universitas Oxford, yang juga telah menunjukkan tanda menjanjikan dalam hasil studi luas. Selain itu, vaksin dari Moderna Inc., juga telah menunjukkan efektivitas yang tinggi dalam uji coba tahap akhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper