Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuota Haji 2021 Belum Jelas, Arab Saudi: Masih Terlalu Dini

Pihak Arab Saudi menilai pembahasan kuota jamaah masih terlalu dini.
Menteri Agama Fachrul Razi mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR  di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/11/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Agama Fachrul Razi mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/11/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan hingga hari ini belum ada penetapan kuota haji 1442M/2021M dari pemerintah Arab Saudi

Pihak Arab Saudi menilai pembahasan kuota jamaah masih terlalu dini.

Menag menerangkan, informasi itu diperoleh usai dirinya mengutus Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar dan Plt Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Oman Fathurahman untuk melakukan pengawasan pelaksanaan umrah di masa pandemi pada 9 November 2020.

“Beberapa hari yang lalu, Pak Nizar  dan Pak Oman menanyakan tentang itu [kuota haji]. Jawaban mereka [Pemerintah Arab Saudi] masih terlalu dini untuk membicarakan tentang itu,” katanya melalui keterangan resmi dikutip Selasa, (24/11/2020).

Menag menyampaikan, untuk menghadapi situasi ini, pihaknya menyiapkan tiga skenario pemberangkatan haji, yakni pemberangkatan jemaah haji dengan kuota penuh, kuota terbatas, dan tidak memberangkatkan jemaah haji. 

Namun demikian, Menag menyatakan bahwa pemerintah sampai saat ini tetap bekerja untuk menyiapkan pelaksanaan ibadah haji dengan kuota penuh.

Fachrul Razi menegaskan pihaknya terus melakukan komunikasi dan lobi terkait penyelenggaraan ibadah haji 1442H/2021M.

“Kita semua berharap agar wabah ini segera berakhir, sehingga penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442H/2021M dapat berjalan secara normal seperti penyelenggaraan ibadah haji pada tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sementara, Plt Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Oman Fathurahman menuturkan bahwa pemerintah Arab Saudi juga belum menetapkan kuota maupun batasan usia calon jamaah haji untuk pelaksanaan ibadah tahun depan.

Sebagai informasi, Arab Saudi membatasi usia jamaah umrah selama pandemi Covid-19. Selain itu, pelaksanaan umrah juga berlangsung dengan protokol kesehatan ketat untuk menekan potensi penyebaran virus.

“Ini penting disampaikan, karena beredar informasi di masyarakat bahwa usia jemaah haji akan dibatasi juga. Dengan ini kami sampaikan, bahwa hingga saat ini belum ada informasi pembatasan haji,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper