Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap! Isi Chat WhatsApp Anies Soal Acara Habib Rizieq

Wagub DKI Ariza Patria memperlihatkan salinan pesan atau chat Anies di Grup WhatsApp Koordinasi Wilayah DKI pada Kamis (12/11/2020). Ini isinya!
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengungkap perintah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Walikota terkait acara Maulid Nabi di markas Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan akhir pekan lalu.

FPI dan pimpinannya, Habib Rizieq Shihab, diketahui menyelenggarakan acara Maulid Nabi dan juga menikahkan puteri Rizieq yang menyebabkan kerumunan massa sehingga protokol kesehatan tak bisa dijalani.

Menurutnya, Pemprov DKI memiliki aturan dan ketentuan. Salah satu yang aturan yang ditegakkan selama masa pandemi Covid-19, yaitu tidak boleh ada kegiatan yang melanggar protokol kesehatan, termasuk menghindari kerumunan.

"Jadi sangat jelas, kami sudah menyampaikan langsung sebelum acara. Kami mengampanyekan tidak boleh ada kegiatan apa pun yang menghadirkan banyak orang," ujarnya dalam video YouTube Najwa Shihab yang berjudul "Pilah-pilih Urus Pandemi seperti dikutip, Kamis (19/11/2020).

Politisi Partai Gerindra tersebut lantas memperlihatkan salinan pesan atau chat Anies di Grup WhatsApp Koordinasi Wilayah DKI pada Kamis (12/11/2020).

Isi chat ini diperlihatkan saat Riza menjawab pertanyaan Najwa terkait apakah pemerintah memfasilitasi kegiatan FPI pada acara Maulid Nabi lalu.

"Kegiatan yang menghadirkan banyak kerumunan kemudian terjadi interaksi dan berpotensi terjadinya penyebaran Covid-19, termasuk kegiatan yang di Petamburan. Ini saya ada WA nya, saya bacakan ya," ujarnya.

Kepada Walikota:
1. Koordinasikan dan kerakan petugas dengan jumlah yang banyak utk membawa poster, spanduk, dll isinya peringatan soal protokol kesehatan.

2. Tidak ada penyediaan fasilitas dan peralatan dari Pemprov yg justru mendukung pengumpulan massa dan kerumunan.

3. Komunikasi terus menerus dgn penyelenggara acara untuk mengurangi dan tidak mengundang kerumunan, dan untuk selalu mengingatkan dan menegur warga yg tidak menerapkan protokol kesehatan, pakai masker, tidak bersalaman, menjaga jarak.

4. Ingatkan warga yg hadir untuk tidak berlama-lama di tempat acara, tapi selalu bergerak. Lakukan penggebahan secara simpatik pada kerumunan, berkoordinasi dgn penyelenggara.

Terungkap! Isi Chat WhatsApp Anies Soal Acara Habib Rizieq

Sumber: tangkapan layar Mata Najwa (Youtube/Istimewa)

Seperti diketahui, kerumunan massa di Petamburan ini menimbulkan reaksi yang beragam dari masyarakat karena banyak tidak melaksanakan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada. Pemprov DKI menjatuhkan denda Rp50 juta kepada FPI sebagai penyelenggara acara. 

Insiden di Petamburan kemudian berujung pada pencopotan Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat, serta diperiksanya Gubernur DKI Anies Baswedan oleh polisi. 

Kemudian, petugas Satgas Pencegahan Covid-19 yang berada dilokasi memutuskan untuk membagikan 20 ribu masker beserta hand sanitizer kepada massa sebagai upaya terakhir mitigasi. Tidak sedikit masyarakat yang geram dan menuding Pemprov DKI membiarkan kegiatan Maulid Nabi dan pernikahan anak Rizieq Shihab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper