Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bansos Tunai Tahap 8 Mulai Disalurkan, Realisasi Capai 31 Persen

Distribusi bantuan pada tahap 8 sudah berjalan pada awal November ini. BST sudah disalurkan kepada 2,5 Juta lebih KPM.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) menyatakan bahwa penyaluran Bantuan Sosial Tunai tahap 8 mulai dilaksanakan sejak pekan lalu. Hingga awal pekan ini, atau 15 November 2020, realisasi mencapai 31 persen.

“Distribusi bantuan pada tahap 8 sudah berjalan pada awal November ini. BST sudah disalurkan kepada 2,5 Juta lebih KPM,” kata Ketua Tim BST Pos Indonesia Husein Haris dalam keterangan resmi, Rabu (18/11/2020).

Seperti diketahui, PT Pos bertindak sebagai pelaksana penyaluran BST. Perseroan bersama dengan Himpunan Bank Milik Negara menyalurkan bantuan kepada 9 Juta keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Haris menjabarkan bahwa di sejumlah provinsi masih berlangsung penyaluran bantuan tahap 7. Secara total bantuan tahap tersebut telah diberikan kepada 8,51 juta KPM atau 94,24 persen dari total target.

Haris menyebutkan teknis distribusi bantuan tahap 8 akan mendahukan masyarakat yang berada daerah terluar.

“Pendistribusian BST di daerah terluar keadaan cuaca dan gelombang di Laut untuk penyaluran di wilayah kepulauan dan keterbatasan jaringan Internet tetap menjadi tantangan dalam penyaluran BST,” kata Haris.

BST tahap 8 merupakan program pemerintah untuk menekan dampak ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Setiap KPM akan menerima uang tunai Rp300.000 per bulan yang telah disalurkan sejak Juli 2020.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R. Djoemadi optimistis penyaluran BST akan mencapai target tahun ini.

“Pos Indonesia optimistis penyaluran BST tahap lanjutan ini dapat berjalan dengan baik dan tuntas sesuai target yang telah ditetapkan pemerintah dengan terus mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, memperbanyak titik layanan, memperpanjang jam layanan, serta memperluas kerja sama komunitas di daerah”, kata Faizal.

Sebelumnya, Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional mengatakan bahwa program perlindungan sosial adalah satu program yang akan terserap hampir seluruhnya pada tahun ini. Program ini meliputi bantuan sosial sembako dan tunai kepada keluarga termiskin menurut data Kementerian Sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper