Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pesawat Korean Air Lines Co. parkir di Bandara Internasional Gimpo di Seoul, Korea Selatan, Senin (16/11/2020). - Bloomberg/SeongJoon Cho
Premium

Di Balik Akuisisi US$1,6 Miliar Korean Air terhadap Asiana Airlines, Sejarah di Tengah Pandemi?

17 November 2020 | 14:27 WIB
Korean Air Lines bakal mengakuisisi Asiana Airlines, sesama maskapai layanan penuh Korea Selatan, dengan nilai US$1,35 miliar. Apa dampaknya terhadap industri aviasi negara itu?

Bisnis.com, JAKARTA — Sejarah baru akan segera terjadi di industri aviasi dunia. Itu semua lantaran Korean Air, maskapai terbesar Korea Selatan (Korsel), berencana segera mencaplok rival mereka, Asiana Airlines.

Pihak Korean Air Lines Co. (KAL) pada Senin (16/11/2020), telah mengumumkan bahwa akuisisi akan menghabiskan dana 1,8 triliun won atau senilai US$1,6 miliar. Rencananya, Asiana akan menerbitkan saham baru untuk pihak KAL senilai 300 miliar won, atau setara 63,9 persen dari total saham keseluruhan.

Untuk memuluskan rencana tersebut, KAL akan mengumpulkan dana sebesar 2,5 triliun won dari para pemegang sahamnya. Dari jumlah tersebut, 730 miliar won di antaranya bersumber dari keuangan perusahaan holding mereka, Grup Hanjin.

Sebelumnya, pada hari yang sama, suntikan dana senilai 800 miliar won telah diberikan Korean Development Bank (KDB) kepada pihak KAL. KDB menyatakan dukungan terhadap akuisisi ini, karena mereka hal tersebut penting untuk menyelamatkan sektor penerbangan Negeri Ginseng.

“Kami menyadari bahwa tanpa restrukturisasi industri aviasi, kemampuan bertahan maskapai di tengah pandemi sangat kecil. Akuisisi ini juga menguntungkan karena akan menghasilkan perusahaan penerbangan top 10 global,” papar KDB dalam pernyataan resminya.

Sementara itu, Grup Hanjin menyatakan umumnya, negara-negara dengan populasi kurang dari 100 juta jiwa hanya memiliki satu maskapai berlayanan penuh.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top