Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekerjaan dengan Waktu Fleksibel Ternyata Pacu Partisipasi Perempuan

Penelitian ini menunjukkan pendekatan waktu kerja yang fleksibel dapat mendorong pengembangan karier secara seimbang bagi perempuan dan laki-laki.
Pekerja perempuan memproduksi alat pelindung diri sebuah perusahaan garmen saat kunjungan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta, Rabu (1/7/2020).  ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Pekerja perempuan memproduksi alat pelindung diri sebuah perusahaan garmen saat kunjungan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta, Rabu (1/7/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Pekerjaan yang fleksibel bisa menjadi solusi untuk merekrut perempuan ke dalam posisi manajerial senior berdasarkan sebuah studi Zurich Insurance Group AG.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (17/11/2020), aplikasi pendaftaran untuk posisi manajerial dari perempuan melonjak 20 persen setelah perusahaan asuransi tersebut mengiklankan posisi yang memungkinkan opsi kerja yang fleksibel sebagai bagian dari penelitian Inggris ‘Behavioural Insight Team’.

Alhasil, jumlah perempuan yang dipekerjakan untuk posisi senior langsung melonjak sepertiga setelah rekrutmen itu.

Penelitian yang dilakukan sebelum Covid-19 menyebabkan lockdown di sebagian kawasan Eropa ini menunjukkan pendekatan waktu kerja yang fleksibel dapat mendorong pengembangan karier secara seimbang bagi perempuan dan laki-laki.

Meskipun partisipasi ekonomi terus menunjukkan peningkatan beberapa tahun terakhir, perempuan kebanyakan masih berkutat dengan urusan domestik. Hal ini menyebabkan partisipasi perempuan di pasar kerja terbilang rendah dibandingkan laki-laki, serta rata-rata laki-laki menghasilkan pendapatan lebih besar dibandingkan perempuan.

Zurich menyatakan inisiatif tersebut tidak hanya menguntungkan bagi perempuan. Aplikasi pendaftaran dari laki-laki dan perempuan tercatat meningkat dua kali lipat setelah opsi tersebut ditawarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper