Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nikah Massal Bisa Jadi Kampanye Penerapan 3 M Lho, Begini Caranya

Forum Ta'aruf Indonesia (Fortais) di Yogyakarta mengampanyekan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19, khususnya gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).
Suasana acara nikah bareng yang digelar Forum Ta'aruf Indonesia (Fortais) di Yogyakarta./Antara-Fortais
Suasana acara nikah bareng yang digelar Forum Ta'aruf Indonesia (Fortais) di Yogyakarta./Antara-Fortais

Bisnis.com, JAKARTA – Meskipun penyelenggaraan resepsi pernikahan sulit dilakukan di masa pandemi Covid-19, acara ini bisa menjadi salah satu kesempatan untuk mengampanyekan protokol kesehatan.

Hal ini dilakukan oleh Forum Ta'aruf Indonesia (Fortais) di Yogyakarta, yang mengampanyekan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19, khususnya gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Ketua Fortais Ryan Budi Nuryanto mengatakan selama pandemi Covid-19 organisasinya berkomitmen mengedukasi masyarakat untuk mencegah munculnya klaster keluarga gara-gara acara pernikahan.

Ryan mengemukakan Fortais sejak tahun 2006 telah menggelar acara nikah massal untuk membantu warga tidak mampu menikah. Selama pandemi, Fortais menggelar acara pernikahan massal secara bergelombang dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Sejak awal pandemi kami telah mengadakan delapan kali acara nikah bareng. Sampai sekarang totalnya 75 pasangan (yang dinikahkan)," ujar Ryan, Minggu (15/11/2020).

Dalam setiap acara nikah massal, ia menjelaskan, seluruh orang yang hadir harus dicek suhu tubuhnya, serta menggunakan masker dan cuci tangan. Pasangan pengantin dan petugas penyelenggara acara pernikahan juga diharuskan memakai sarung tangan.

Di samping itu, Fortais membatasi jumlah orang yang hadir dalam acara pernikahan maksimal 10 orang. Pihaknya juga menyediakan acara virtual serta drive thru bagi tamu undangan.

Sebagai bentuk kampanye protokol kesehatan, Fortais menyediakan sarana pendukung pencegahan Covid-19 seperti masker dan cairan pembersih tangan dalam mahar pernikahan.

"Pasangan pengantin yang kami nikahkan juga kami jadikan duta protokol kesehatan," ujarnya.

Dia berharap penerapan protokol kesehatan dalam acara nikah massal dapat menginspirasi yang lain dalam penyelenggaraaan acara pernikahan di masa pandemi Covid-19.

Fortais berupaya mengelar acara serupa guna terus mempromosikan protokol kesehatan dan menggerakkan perekonomian masyarakat.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper