Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Didorong Kabar Vaksin Covid-19, Investor Asing Masuk ke Pasar Obligasi Thailand

Arus modal masuk ke obligasi pemerintah Thailand telah melonjak ke level tertinggi dalam 17 bulan terakhir hanya dalam dua pekan pada bulan November.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 13 November 2020  |  15:17 WIB
Suasana Bangkok, Thailand, pada 19 Juni 2020./Antara - Reuters
Suasana Bangkok, Thailand, pada 19 Juni 2020./Antara - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Perkembangan positif vaksin virus corona memicu optimisme pembukaan kembali pariwisata di Thailand. Investor asing pun berbondong masuk ke pasar obligasi Negeri Gajah Putih tersebut.

Dilansir dari Blomberg, arus modal masuk ke obligasi pemerintah Thailand telah melonjak ke level tertinggi dalam 17 bulan terakhir hanya dalam dua pekan pada bulan November, dengan imbal hasil mencapai 3 persen untuk investor global sejak akhir Oktober. Sementara itu, baht mencatat kinerja terbaik di Asia selama periode tersebut.

Gubernur bank sentral Thailand yang baru diangkat, Sethaput Suthiwart-Narueput, akan mengawasi pertemuan kebijakan pertamanya minggu pekan depan, meskipun dia tidak mungkin berbuat banyak untuk menghalangi dana asing masuk.

"[Investor] asing membeli surat utang Thailand karena eksposur terhadap kenaikan nilai tukar baht," kata ahli analis Krung Thai Bank Pcl Poon Panichpibool, seperti dikutip Bloomberg.

Ia melanjutkan, mMereka berspekulasi terhadap kenaikan mata uang Thailand, yang diperkirakan menguat lebih lanjut selama 12 bulan ke depan karena vaksin akan menjadi pemicu utama kedatangan turis.

Hasil uji vaksin yang positif diumumkan oleh Pfizer Inc. dan BioNtech SE pekan ini sangat positif bagi perekonomian Thailand mengingat pariwisata menyumbang sekitar 20 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara.

Kabar positif ini dapat membantu mempercepat proses pembukaan kembali pariwisata Thailand. Sebagai langkah awal, Thailand akan melakukan pembicaraan dengan China untuk membangun koridor perjalanan bebas karantina pada Januari.

Investor asing tercatat membeli surat utang pemerintah Thailand senilai US$1,5 miliar bulan ini hingga 12 November, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Lonjakan tersebut telah memangkas penjualan asing bersih (foreign net sell) tahun ini menjadi hanya US$132 juta, dibandingkan dengan arus keluar kumulatif sebanyak US$4 miliar setelah lima bulan pertama tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

thailand investor asing
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top