Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Enam Tokoh Dapat Gelar Pahlawan Nasional dari Jokowi, Ini Profilnya

Pemberian gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh tertuang dalam Surat Keputusan Presiden RI Nomor 117 TK Tahun 2020 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.
Presiden Joko Widodo memimpin upcara penganugerahan gelar Pahlawan Nasional Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta pada Selasa, 10 November 2020 - Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo memimpin upcara penganugerahan gelar Pahlawan Nasional Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta pada Selasa, 10 November 2020 - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh yang dinilai berjasa bagi bangsa dan negara Indonesia pada hari ini, Selasa (10/11/2020) di Istana Negara, Jakarta.

Dikutip dari unggahan Kementerian Sosial melalui akun Twitter @KemensosRI, Selasa (10/11/2020), berikut ini adalah cuplikan riwayat hidup keenam tokoh yang mendapat gelar pahlawan dari Presiden Jokowi:

1. Sultan Baabullah (Maluku Utara)
Dia berhasil mengusir penjajah Portugis, salah satunya dengan mengirim ekspedisi ke berbagai daerah. Di bawah kepemimpinannya, Ternate bisa bebas dari Portugis dan menjadi sentral perdagangan rempah-rempah dengan jaringan internasional.

2. Macmud Singgirei Rumagesan (Papua Barat)
Dia berkontribusi besar bagi bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan Belanda khususnya perjuangannya untuk mengembalikan Papua Barat ke pangkuan Ibu Pertiwi.

3. Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo (DKI Jakarta)
Dia memimpin kepolisian di masa awal berdirinya NKRI. Karya agungnya adalah meletakkan dasar-dasar kepolisian nasional yang kokoh selama kepemimpinannya. Pada 14 Februari 2001, dia ditetapkan sebagai Bapak Kepolisian RI oleh Presiden ke-3 RI Abdurrahman Wahid.

4. Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu (Sulawesi Utara)
Dia terlibat aktif dalam dunia pergerakan nasional sampai Indonesia merdeka, salah satunya melalui Perhimpunan Indonesia.

5. Sutan Muhammad Amin Nasution (Sumatra Utara)
Dia memperjuangkan nasionalisme dengan memprakarsai fusi organisasi pemuda kedaerahan (Jong Sumatra Bond, Jong Java, Jong Ambon, dan yang lainnya). Lalu, bersama Muhammad Yamin dan tokoh lainnya, dia berperan dalam penandatanganan naskah Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

6. Raden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi (Jambi)
Dia adalah seorang panglima perang penuh talenta, cerdas, dan semangat. Dia berhasil memimpin perang sembilan kali pertempuran melawan Belanda dan seluruhnya berhasil dia menangkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh yang dinilai berjasa bagi bangsa dan negara Indonesia di Istana Negara, Jakarta pada Selasa (10/11/2020) atau bertepatan pada peringatan Hari Pahlawan.

Dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (10/11/2020) keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Presiden RI Nomor 117 TK Tahun 2020 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

“Menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada yang namanya tersebut dalam lampiran keputusan ini sebagai penghargaan dan penghormatan yang tinggi atas jasa-jasanya yang luar biasa, yang semasa hidupnya pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai merebut mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Basuki Nugroho dalam acara tersebut.

Seusai upacara penganungerahan, Presiden Jokowi pun memberikan ucapan kepada ahli waris dan keluarga dari para pahlawan nasional yang hadir di Istana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper