Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Impor Komoditas Utama dari China Melambat, Minyak dan Gas Pemicunya

Di antara komoditas utama, impor minyak mentah turun ke level terendah enam bulan 42,6 juta ton karena kilang swasta kehabisan kuota dan perusahaan negara memangkas pembelian karena pemeliharaan. Tidak hanya itu, impor batu bara dan gas alam juga mengalami pelambatan
Foto udara kapal yang mengangkut kontainer di Pelabhuan Yangshan Deepwater, Shanghai, China, Senin (23/3/2020). Bloomberg/Qilai Shenn
Foto udara kapal yang mengangkut kontainer di Pelabhuan Yangshan Deepwater, Shanghai, China, Senin (23/3/2020). Bloomberg/Qilai Shenn

Bisnis.com, JAKARTA - Impor komoditas utama China turun pada bulan Oktober dari bulan sebelumnya, terutama karena faktor musiman termasuk liburan yang diperpanjang di awal bulan.

Alhasil, impor negara ini yang lebih luas tidak dapat menahan laju bulan September yang penuh ketidakpastian sehingga pertumbuhannya merosot di bawah konsensus sebesar 4,7 persen.

"[Padahal] Ekspansi bulanan kedua berturut-turut menunjukkan kenaikan terus menerus dalam permintaan domestik," menurut Bloomberg Economics.

Di antara komoditas utama, impor minyak mentah turun ke level terendah enam bulan 42,6 juta ton karena kilang swasta kehabisan kuota dan perusahaan negara memangkas pembelian karena pemeliharaan, menurut data bea cukai China pada hari Sabtu lalu (7/11/2020).

Namun, penghitungan untuk tahun ini kemungkinan akan meningkat 10 persen dari 2019 menjadi lebih dari 550 juta ton karena rebound ekonomi mendorong permintaan, ungkap seorang eksekutif senior di China Petrochemical Corp. di sebuah konferensi energi di Shanghai, Minggu (9/11/2020).

Pembelian batu bara di bulan Oktober merosot menjadi 13,7 juta ton, terendah untuk tahun ini. Hal ini dipicu karena pembeli mendekati batas tahunan tidak resmi sekitar 300 juta ton.

Pengiriman tahunan sebesar 253 juta ton menunjukkan lebih banyak ruang untuk impor dalam dua bulan terakhir, meskipun larangan batu bara dari pemasok utama Australia berarti bahwa akan ada sumber lain atau negara lain yang diuntungkan.

Impor gas alam turun ke level terendah tiga bulan di 7,5 juta ton. Ini diperkirakan adalah jeda sebelum puncak permintaan musim dingin.

Dikutip dari Bloomberg, pengiriman bijih besi ke China mencapai 100 juta ton untuk bulan kelima ini, dengan total tahun berjalan atau year-to-date sebesar 11 persen. Pertumbuhan yang lesu ini disebabkan karena kebijakan pemerintah China yang beralih ke belanja infrastruktur yang biasa secara royal untuk meremajakan ekonomi.

Perlambatan diperkirakan terjadi pada bulan-bulan berikutnya karena pembatasan produksi musim dingin mengurangi permintaan dari industri baja.

Pembelian tembaga turun ke level terendah lima bulan - meskipun masih naik lebih dari 40 persen selama 10 bulan pertama - sementara pembelian bijih turun dari level tertinggi bulan September tahun 2020, karena jeda permintaan musiman mulai bertahan.

Impor kedelai turun menjadi 8,7 juta ton, level terendah dalam enam bulan, karena kargo dari Brasil, pemasok terbesar kedelai ke China, menyusut.

Tetapi, totalnya jauh lebih tinggi daripada tahun lalu karena pemulihan di sektor peternakan domestik setelah penyakit demam babi Afrika, dan adanya perjanjian pembelian produk AS untuk memenuhi kewajiban kesepakatan perdagangan China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper