Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menang Pilpres AS 2020, Joe Biden Banjir Ucapan Selamat

Kepala dan pejabat pemerintahan negara-negara dunia yang mengucapkan selamat antara lain Menteri Luar Negeri Jerman, perdana Menteri Inggris, dan Perdana Menteri Kanada.
Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden./Bloomberg
Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Joe Biden akhirnya dinyatakan sebagai pemenang Pilpres AS 2020 setelah mengalahkan calon petahana Donald Trump.

Kemenangan Biden dipastikan setelah ia memenangkan 284 suara elektoral berkat tambahan 20 suara dari Pennsylvania, melampaui 270 suara yang dibutuhkan untuk mengamankan kursi kepresidenan.

Sebelum menang di Pennsylvania, Biden memenangkan negara bagian Michigan dan Wisconsin, yang disebut Blue Wall dan mengantarkan kemenangan Trump pada tahun 2016.

Menanggapi kemenangan Joe Biden, sejumlah kepala dan pejabat pemerintahan negara tetangga beramai-ramai memberikan ucapan selamat kepada Presiden AS ke-46 itu. Berikut di antaranya:

1.Heiko Maas, Menteri Luar Negeri Jerman

"Akhirnya kita mendapatkan angka yang jelas. Kami menanti momen kerjasama dengan Pemerintah Amerika berikutnya. Kami ingin berinvestasi dalam kerjasama trans-atlantic yang baru. Sebuah kesepakatan baru," ujar Heiko Maas.

2.Emmerson Mnangagwa, Presiden Zimbabwe

"Atas nama warga Zimbabwe, kami mengucapkan selamat kepada Presiden Amerika terpilih, Joe Biden, atas kemenangannya di Pemilu AS. Kami dari Zimbabwe mendoakan yang terbaik untuk anda dan kami menanti kerjasama selanjutnya," ujar Menangawa.

3.Anne Hidalgo. Walikota Paris

"Selamat datang kembali Amerika. Selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris untuk kemenangannya di Pemilu AS. Di saat kita akan merayakan lima tahun Kesepakatan Paris, kemenangan ini menyimbolkan semakin pentingnya kerjasama untuk menangani perubahan iklim," ujar Hidalgo.

4.Michael Martin, Perdana Menteri Irlandia

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Presiden Terpilih Amerika, Joe Biden. Joe Biden telah menjadi teman yang baik dari Irlandia dan kami menanti kerjasama dengannya. Kami juga siap menyambutnya ketika situasi memungkinkan," ujar Martin.

5. Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris

"Selamat kepada Joe Biden atas kemenangannya sebagai Presiden Amerika dan Kamala Harris atas pencapaiannya yang bersejarah. Amerika adalah sekutu penting kami dan kami menanti kerjasama yang lebih dekat, terutaama dalam hal perubahan iklim, perdagangan, dan keamanan," ujar Johnson.

5. Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada

“Atas nama Pemerintah Kanada, saya mengucapkan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris atas terpilihnya mereka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat berikutnya. Saya berharap dapat bekerja dengan mereka, pemerintahan mereka, dan Kongres AS saat kita menangani tantangan terbesar dunia bersama-sama."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper