Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Facebook dan TikTok Blokir Tagar Menyesatkan Terkait Pilpres AS 2020

Di Facebook, tagar yang diblokir termasuk #stopthesteal.
Logo Facebook/Reuters
Logo Facebook/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Facebook dan TikTok akhirnya ikut memblokir tagar yang digunakan untuk menyebarkan informasi yang salah dan teori konspirasi tentang pemilihan presiden Amerika Serikat (AS)

Melansir The Verge pada Sabtu (7/11/2020), tagar tersebut kebanyakan terkait dengan klaim yang menyebut bahwa Demokrat mencoba memanipulasi pemilu untuk mengalahkan calon presiden petahana Donald Trump.

Di Facebook, tagar yang diblokir termasuk #stopthesteal. Tagar tersebut digunakan secara luas untuk membuat klaim manipulasi pemilu yang tidak berdasar oleh Demokrat.

Selain itu, ada pula #sharpiegate, yang menuduh penggunaan penanda Sharpie menyebabkan suara Trump tidak terhitung di Arizona.

Facebook juha menambahkan label serupa, dan telah memblokir grup berisi 300.000 orang bernama "Stop the Steal." Pihak Facebook mengatakan "melihat seruan yang mengkhawatirkan untuk melakukan kekerasan dari anggota grup tersebut.

Sementara itu, TikTok memblokir #sharpiegate, #stopthesteal, dan istilah yang lebih umum #riggedelection.

Pihak TikTok menyatakan pemblokiran pada tagar tersebut adalah bagian dari "moderasi normal dan pendekatan terhadap informasi yang salah, perkataan yang mendorong kebencian, dan konten lain yang melanggar pedoman kami."

Juru bicara TikTok menyebut kedua tagar tersebut dihapus karena telah melanggar kebijakan informasi platform dan dinilai menyesatkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper