Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekan Kebudayaan Nasional 2020, Jokowi: Mari Terus Menggali Kearifan Lokal

Leluhur Indonesia telah menurunkan sikap optimistis dan pantang menyerah. Semua itu terbentuk dari tantangan alam.
Gamelan Jawa/Wikipedia
Gamelan Jawa/Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Pekan Kebudayaan Nasional 2020 dengan menyampaikan pesan untuk terus menggali kearifan lokal. Hal ini guna menjaga harmoni dengan bumi dan memperkuat kemampuan dalam menghadapi bencana.

“Mari terus menggali kearifan lokal untuk memperkuat kemampuan kita dalam menghadapi bencana,” kata Presiden, membuka Pekan Kebudayaan Nasional 2020, Sabtu (31/10/2020).

Menurut Jokowi, leluhur Indonesia telah menurunkan sikap optimistis dan pantang menyerah. Semua itu terbentuk dari tantangan alam yang berada di wilayah Indonesia.

Dia melanjutkan, bahwa Indonesia berdiri di atas ring of fire yang membuat negara ini rawan bencana. Seperti diketahui, menurut Bank Dunia, Indonesia masuk dalam daftar 35 negara dengan tingkat risiko tinggi bencana dengan korban jiwa.

Para nenek moyang pun selama ratusan tahun telah berusaha bersahabat dengan tantangan tersebut. leluhur mengajarkan untuk menjaga harmoni dengan lingkungan, membangun kebudayaan dan nilai keutamaan di atasnya.

“Itu yang membuat bangsa indonesia tangguh, menghargai perbedaan, kreatif dan kaya budaya,” kata Presiden.

Kearifan lokal tersebut yang menjadi modal bangsa Indonesia melawan pandemi Covid-19. Kearifan lokal dalam meramu tradisional juga telah dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber penghasilan di tengah pandemi.

“Mari kita terus berkarya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Mari kita menjaga bumi kita dengan sehormat-hormatnya,” kata Presiden.

Pekan Kebudayaan Nasional tahun ini dilakukan secara virtual. Semua kegiatan dapat diakses melalui situs https://pkn.id dan juga media sosial.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengklaim PKN 2020 menjadi suatu perhelatan kebudayaan tradisi dalam jaringan terbesar di dunia. Kegiatan ini melibatkan 4.791 seniman dan pekerja seni, 27 tema konferensi, 93 pergelaran, 1.477 lukisan yang dipamerkan secara virtual dalam 5 kategori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper