Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Terawan Dikabarkan Positif Covid-19. Ini Klarifikasi Kemenkes

Sempat beredar kabar mengenai menteri kabinet Presiden Joko Widodo positif Covid-19. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pun sempat disebut-sebut. Ini klarifikasi dari Kementerian Kesehatan.
Menteri Kesehatan Terawan saat konferensi pers/Kemenkes
Menteri Kesehatan Terawan saat konferensi pers/Kemenkes

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto dikabarkan terinfeksi Virus Corona. Rumor ini sempat heboh, tetapi kabar itu dibantah oleh humas Kementerian Kesehatan.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Widiyawati, menegaskan bahwa kabar Terawan terinfeksi Virus Corona adalah kabar tidak benar.

“Bapak sehat dan tetap beraktivitas rutin," katanya saat dihubungi Bisnis, Sabtu (31/10/2020).

Sebelumnya, kabar tersebut juga sempat ditanggapi oleh pakar epidemiologi dari FKM UI, Pandu Riono dengan mengatakan bahwa pejabat publik perlu terbuka bila terinfeksi.

“Pejabat publik bila terinfeksi Covid-19 perlu memberitahu segera, secara terbuka, bertanggungjawab agar bisa dilakukan pelacakan kasus agar dengan siapa saja sudah kontak, bisa menularkan pd siapa saja. Perlu tes pada setiap suspek. Publik harus tahu, bukan hanya isolasi mandiri,” tulisnya melalui akun Twitter @drpriono1, Jumat (30/10/2020).

Cuitan tersebut memajang ilustrasi Menkes dan menandai akun Twitter Kemenkes RI.

Saat dikonfirmasi, Pandu mengatakan bahwa banyak kasus Covid-19 di lingkungan pejabat publik yang tidak diberitahukan kepada khalayak luas.

Namun, terkait dengan apakah Terawan terjangkit Covid-19 atau tidak, Pandu mengatakan agar diselidiki lebih lanjut.

Tak hanya itu, pernyataan Pandu juga didukung warganet, bahwa banyak pejabat publik yang menutupi kasus infeksi Covid-19, terutama di lingkungan kementerian.

“@drpriono1 Yang ada justru banyak ditutup tutupi Pak kalau ada yg positif. Termasuk anak buahnya,” tulis akun @ardianTaka.

Sebelumnya, pada pertengahan September lalu Kemenkes juga sempat heboh karena ternyata menjadi klaster kementerian dengan kasus Covid-19 tertinggi, sampai 252 kasus, namun sudah sembuh dan disebut didominasi oleh pasien tanpa gejala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper