Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu Retno Bertemu Menlu AS, Ini Sederet Isu Penting yang Dibahas

Menlu Retno MArsudi menyatakan Indonesia-AS sepakat memperkuat rantai pasokan global dan mempercepat pemulihan ekonomi.
Menlu Retno Marsudi/Kemlu
Menlu Retno Marsudi/Kemlu

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Pompeo bertemu Menlu RI Retno LP Marsudi, Kamis (29/10/2020). Dalam pertemuan bilateral ini, kedua menlu membahas penguatan kerja sama di tengah situasi yang penuh tantangan hingga perseteruan di Laut China Selatan.

Menlu Retno mengatakan bahwa Indonesia dan AS sepakat meningkatkan kerja sama pada bidang kesehatan.

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah AS atas kerja sama dengan Indonesia selama pandemi, termasuk melalui penyediaan 1.000 ventilator,” kata Retno dalam keterangan pers bersama secara virtual usai pertemuan bilateral.

Retno juga menegaskan pentingnya membangun ketahanan nasional dan regional. AS dapat memainkan peran utama dalam mendukung upaya tersebut.

Dalam hal ekonomi, Indonesia-AS sepakat memperkuat rantai pasokan global dan mempercepat pemulihan ekonomi. Retno menekankan pentingnya fasilitas GSP, karena tidak hanya membawa manfaat bagi Indonesia tapi juga bisnis di AS.

Masih terkait ekonomi, Retno juga mendorong AS untuk mempertebal investasi di Indonesia. Harapannya, aliran dana juga masuk ke proyek-proyek di pulau terluar Indonesia, seperti pulau Natuna.

Soal pendidikan, Retno mendorong finalisasi nota kesepahaman tentang pendidikan. “Saya mengangkat masalah visa pelajar Indonesia yang ditahan karena pandemi Covid-19,” katanya.

Pada aspek regional, Indonesia mengemukakan pentingnya penguatan multilateralisme yang membawa manfaat bagi semua negara. Indonesia pun berkomitmen untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Asean.

Terkait Laut China Selatan, Retno menyampaikan posisi Indonesia adalah menjaga wilayah perairan itu stabil dan damai. Hukum internasional khususnya UNCLOS 1982 harus dihormati dan dilaksanakan.

Adapun, pertemuan tersebut juga membahas soal Palestina dan Afghanistan. Retno menjelaskan isu Palestina sangat dekat dengan masyarakat Indonesia. Dalam hal itu, posisi Indonesia adalah memberikan solusi kepada dua negara yang terlibat.

Retno melanjutkan bahwa Indonesia mengapresiasi kepemimpinan AS yang membawa perdamaian di Afghanistan. Indonesia siap berkontribusi lebih, khususnya pada isu terkait pemberdayaan perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper