Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Covid-19 di Jerman Naik, Angela Merkel Siap Tetapkan Pembatasan Sosial

Keputusan ini diambil setelah angka pasien Covid-19 di Jerman naik 7.890 orang dalam semalam, sehingga total kasus di negara ini telah mencapai 463.419 orang.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  15:25 WIB
Suasana menjelang sore di kawasan Romerberg, Frankfurt/Jerman, ketika virus corona (Covid/19) mulai menyebar di negara/negara di kawasan Eropa awal Februari 2020. BISNIS.COM/Nurbaiti
Suasana menjelang sore di kawasan Romerberg, Frankfurt/Jerman, ketika virus corona (Covid/19) mulai menyebar di negara/negara di kawasan Eropa awal Februari 2020. BISNIS.COM/Nurbaiti

Bisnis.com, JAKARTA - Kanselir Jerman Angela Merkel akan memberlakukan pembatasan yang lebih ketat pada pergerakan masyarakat dan kontak sosial, termasuk penutupan bar, restoran, dan fasilitas rekreasi hingga akhir November.

Dalam pembicaraan dengan perdana menteri regional pada Rabu malam (28/10/2020) tentang tanggap darurat virus Corona di Jerman, Merkel juga akan mendesak warganya untuk menjaga kontak pribadi seminimal mungkin, dan untuk menghindari semua perjalanan pribadi yang tidak mendesak, menurut draf makalah pengarahan pemerintah federal yang diperoleh oleh Bloomberg.

Dokumen tersebut mencatat bahwa pelacakan kontak yang efektif menjadi tidak mungkin di banyak daerah, tanpa batasan lebih lanjut. Pertumbuhan eksponensial dalam jumlah infeksi akan membebani sistem kesehatan dalam beberapa minggu ke depan dan dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan pada jumlah kasus serius dan angka kematian.

“Kami berada dalam situasi yang sangat sulit, angka infeksi meledak,” kata Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier dalam sebuah wawancara dengan ARD TV.

“Ini adalah ancaman bagi sistem kesehatan dan bagi kehidupan manusia, itulah mengapa pembuat kebijakan harus bertindak,” lanjutnya.

Pembatasan yang diusulkan, akan berlaku pada 4 November hingga akhir bulan. Namun, keputusan ini masih harus didiskusikan dengan para pemimpin di negara bagian.

Menurut dokumen yang dikutip dari Bloomberg, pemerintah Jerman akan menutup semua tempat wisata dan leisure a.l. studio olah raga, kolam renang, teater, gedung opera, venue konser, bioskop, dan taman.

Tidak hanya itu, restoran, bar dan klub malam akan ditutup. Adapun, sekolah, daycare, supermarket, dan salon tetap dibuka dengan tetap mematuhi aturan kebersihan.

Angka pasien Covid-19 di Jerman naik 7.890 orang dalam semalam, sehingga total kasus di negara ini telah mencapai 463.419 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jerman Virus Corona Angela Merkel

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top