Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Presiden AS petahana Donald Trump (kanan) dan calon presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden (kiri) dalam debat calon presiden AS dalam rangka Pemilihan Presiden (Pilpres) 2020 di Cleveland, Ohio, Selasa (29/9/2020). - Bloomberg/Jim Bourg
Premium

Para Taipan di Belakang Donald Trump dan Joe Biden

27 Oktober 2020 | 15:11 WIB
Kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) AS tak mungkin berlangsung dengan gencar jika tak ada dukungan dana dari para donatur. Siapa saja orang-orang yang rela menyumbangkan hartanya untuk Donald Trump dan Joe Biden?

Bisnis.com, JAKARTA – Sepekan lagi, Amerika Serikat akan melaksanakan Pemilihan Presiden. Donald Trump dan Joe Biden, dua kandidat orang nomor satu di Negeri Paman Sam, terus berlomba-lomba meyakinkan publik agar menjatuhkan pilihan pada mereka masing-masing.

Sejak sebulan belakangan, Trump dan Biden tak cuma dipertemukan dalam medan perang debat calon presiden (capres). Keduanya juga melakoni sejumlah kampanye ke berbagai daerah, dengan mengandalkan tim dan anggaran berbeda.

Perihal dana kampanye, keduanya tak cuma mengandalkan duit pribadi, tetapi juga donasi dari berbagai pihak.

Forbes menyebutkan per Selasa (27/10/2020), dana donasi yang dikumpulkan Biden mengungguli Trump. Kandidat dari Partai Demokrat tersebut telah mengumpulkan setidaknya US$569 juta dari total 150 pendonor.

Di sisi lain, Donald Trump tercatat baru mengumpulkan donasi US$250 juta. Nominal ini berasal dari 108 pendonor.

“Dulu Joe Biden sempat mengibaratkan bahwa pertarungannya melawan Trump ibarat Scranton vs Park Avenue. Tapi, kini faktanya justru dirinyalah yang berhasil mengumpulkan jutaan dolar dari Park Avenue,” tutur Tyson Brody, mantan Direktur Riset di tim politikus Bernie Sanders, seperti dilansir New York Times, Selasa (20/10).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top