Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satgas Covid-19 Minta Pelaku UMKM Disiplin Protokol Kesehatan

Disiplin protokol kesehatan bakal membuat kegiatan ekonomi aman dari Covid-19
Pengunjung melihat produk UMKM di Jakarta, belum lama ini. Bisnis/Abdurachman
Pengunjung melihat produk UMKM di Jakarta, belum lama ini. Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama menjalankan kegiatan perekonomian.

Menurut Wiku, disiplin protokol kesehatan bakal membuat kegiatan ekonomi aman dari Covid-19. Artinya, roda perekonomian di tengah masyarakat juga dapat berangsur membaik dalam waktu relatif cepat.

“Sekarang yang kita perlukan adalah melakukan kegiatan ekonomi tersebut jangan sampai menimbulkan kasus. Sebenarnya kalau menjalankan protokol kesehatan secara disiplin seharusnya kasusnya tidak naik,” kata Wiku dalam sebuah diskusi di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Senin (26/10/2020).

Ihwal protokol kesehatan itu, dia meminta para pelaku UMKM untuk tetap menggunakan masker, mengatur antre pengunjung dan menyediakan tempat cuci tangan.

“Jadi, otomatis potensi untuk virus itu menyebar tidak ada, sehingga kalau itu dilakukan secara disiplin dan dimonitor dan tidak ada kasus maka itu keberhasilan sektor usaha untuk mulai bergerak,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat telah menyiapkan anggaran sekitar Rp321 triliun pada 2021 untuk membeli produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tidak terserap oleh pasar akibat pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki saat memberi keterangan pers ihwal Penerapan Protokol Kesehatan di UMKM di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Senin (26/10/2020).

“Banyak UMKM produknya tidak terserap oleh market termasuk produk-produk pangan petani. Kami sudah memiliki program yaitu belanja kementerian atau lembaga sekarang sedang di-push oleh Pak Presiden untuk membeli produk UMKM termasuk juga BUMN,” kata Teten

Di sisi lain, dia juga mengatakan pemerintah turut menyerap produk-produk pangan seperti kopi, bawang merah, beras dan garam yang tidak terserap oleh pasar melalui skema Resi Gudang.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper