Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantap Jiwa! Pelanggan Paypal Bisa Pakai Bitcoin

Bitcoin kini dapat digunakan untuk membeli barang-barang di 26 juta toko yang menerima pembayaran dengan PayPal.
PayPal/Istimewa
PayPal/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PayPal telah memasuki pasar cryptocurrency dan mengumumkan bahwa pelanggannya akan dapat membeli dan menjual Bitcoin dan mata uang virtual lainnya menggunakan akun PayPal mereka.

Koin virtual itu kemudian dapat digunakan untuk membeli barang-barang di 26 juta toko yang menerima pembayaran dengan PayPal.

PayPal berencana untuk meluncurkan opsi pembelian di AS selama beberapa minggu ke depan, dengan peluncuran penuh akan dilakukan awal tahun depan. Setelah pengumuman itu, harga Bitcoin naik menembus angka US$12.000.

Cryptocurrency lain yang akan ditambahkan pertama kali adalah Ethereum, Litecoin, dan Bitcoin Cash (spin-off dari Bitcoin).

"Semua bisa disimpan langsung di dalam dompet digital PayPal", kata perusahaan itu, dilansir BBC, Kamis (22/10/2020)

Cryptocurrency tetap menjadi metode pembayaran khusus, sebagian karena perubahan cepat dalam harga dibandingkan dengan mata uang tradisional yang didukung negara. Itu membuat mereka populer di antara beberapa jenis investor.

PayPal mengatakan langkah itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsumen dan adopsi cryptocurrency.

"Sebagai bagian dari penawaran ini, PayPal akan memberikan pemegang akun konten pendidikan untuk membantu mereka memahami ekosistem cryptocurrency," katanya.

Namun David Gerard, penulis "Attack of the 50 Foot Blockchain dan Libra Shrugged: How Facebook Tried to Take Over the Money", mengatakan PayPal sedang menggambarkan pasar perdagangan harian crypto.

"Saya bingung siapa pasar untuk PayPal sebagai pertukaran crypto," katanya.

Dia menyamakannya dengan bermain di pasar saham, tetapi dengan Bitcoin yang sifatnya yang tidak stabil dan kurang diatur seperti berjudi dengan saham penny. Dia mengatakan ada banyak pemain besar yang memanipulasi harga dan orang biasa berisiko kehilangan uang.

"Saya tidak berharap banyak pasar untuk ini di luar pemegang crypto yang ada. Saya bingung bahwa PayPal akan menawarkan ini, dan tidak jelas apa yang mereka coba lakukan di sini. Pasti ada seseorang di PayPal yang sangat tertarik dengan cryptocurrency," katanya.

Perusahaan pembayaran lain, seperti aplikasi Square's Cash dan Revolut telah menawarkan cryptocurrency untuk dijual. Namun PayPal memiliki salah satu jaringan pedagang terbesar di dunia. Ketika menggunakan koin virtual, PayPal akan mengonversi cryptocurrency menjadi mata uang nasional yang relevan, sehingga perusahaan yang dibayar tidak akan pernah menerima koin virtual.

PayPal mengatakan sistem itu berarti akan ada kepastian nilai dan tidak ada biaya tambahan. Namun, menggunakan Bitcoin untuk membayar di pedagang biasa tidak akan diluncurkan hingga awal 2021.

Harga volatilitas cryptocurrency bersama dengan penggunaan historisnya sebagai metode pembayaran yang kurang dapat dilacak untuk tujuan ilegal, telah menyebabkan banyak seruan agar mereka diatur.

PayPal telah diberikan izin untuk operasinya dari Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York, dalam bentuk Bitlicence bersyarat, lisensi pertama yang diberikan.

Sebagai permulaan, layanan ini akan bekerja dengan penyedia cryptocurrency yang ada di AS, Paxos Trust Company. Namun ini bukan usaha pertama PayPal.

Perusahaan ini pernah menjadi mitra dalam mata uang digital Facebook Libra, tetapi menjadi yang pertama menarik diri dari aliansi tersebut, hanya beberapa bulan setelah diumumkan.

Skema itu kontroversial, menarik perhatian regulator keuangan di beberapa negara. Awal tahun ini, Facebook menyatakan akan memikirkan kembali ide tersebut di tengah perlawanan yang diterimanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper