Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lawan Hoaks Covid-19, Kementerian Kominfo Gencarkan Literasi Digital

Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa dalam situasi pandemi Covid-19, pemerintah perlu meluruskan informasi-informasi yang salah.
Hoaks/Antara
Hoaks/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus berupaya meningkatkan literasi digital guna mengendalikan penyebaran infodemi atau informasi hoaks terkait pandemi Covid-19 di kalangan masyarakat.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa dalam situasi pandemi Covid-19, pemerintah perlu meluruskan informasi-informasi yang salah agar tidak membuat keresahan di masyarakat, apalagi yang dapat mengganggu ketertiban umum.

“Contoh dampak infodemi timbulnya pemahaman masyarakat yang tidak lengkap tentang situasi dan prosedur medis yang tepat terkait dengan Covid-19. Stigmatisasi terhadap rumah sakit, tenaga medis dan proses-proses yang sudah dibakukan ini yang menjadi berbahaya bagi masyarakat kalau masyarakat akhirnya membuat stigma,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Kominfo, Senin (19/10/2020).

Alhasil, peningkatan literasi atas pemahaman yang benar terkait pandemi harus dilakukan sehingga masyarakat tidak mudah termakan informasi hoaks yang banyak beredar selain upaya pengendalian peredarannya oleh pemerintah.

Dirjen Aptika Samuel menambahkan bahwa Kementerian Kominfo juga sudah berkolaborasi dengan 108 organisasi baik pemerintahan masyarakat organisasi masyarakat perguruan tinggi dan juga sektor swasta untuk melakukan literasi digital.

“Kita menghadirkan beberapa inisiatif berdasarkan literasi digital, karena literasi digital merupakan kunci penting dalam upaya kita bersama untuk melawan infodemi dan segala jenis risiko kejahatan yang ada di ruang digital,” katanya. ?

Inisiatif ini dikoordinasi oleh GNLD Siberkreasi yang merupakan sebuah gerakan kolaboratif antara 108 komunitas, akademisi, dan institusi yang berfokus pada peningkatan literasi digital masyarakat. ?

“Program-program pelatihan seperti tips identifikasi hoaks hingga kewirausahaan digital di tengah pandemi telah disediakan oleh Siberkreasi, dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat secara gratis,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper