Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Apple iPhone 12 Pro Max ditampilkan untuk pertama kalinya kepada publik dalam peluncuran secara daring pada Selasa (13/10/2020). - Bloomberg/Daniel Acker
Premium

Langkah Apple ‘Sederhanakan’ Kemasan iPhone 12, Ada Udang di Balik Batu?

19 Oktober 2020 | 13:36 WIB
Keputusan Apple untuk tidak menyertakan beberapa aksesoris dalam paket kemasan iPhone 12 menuai kontroversi. Benarkah demi kontribusi melestarikan lingkungan?

Bisnis.com, JAKARTA – Raksasa teknologi Apple Inc. mengumumkan lini produk ponsel pintar terbaru mereka—iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max—pada acara tahunan Selasa (13/10/2020).

Sesuai prediksi para pengamat teknologi, perusahaan rintisan mendiang Steve Jobs tersebut tidak lagi menyertakan charger dan airpods, alias earphone, dalam paket penjualannya. Apple menyebut langkah ini ditempuh untuk misi melestarikan lingkungan.

Perusahaan mengklaim sampah charger serta airpods bawaan mereka merugikan lingkungan, dan berharap pengguna lamanya tetap memakai charger serta airpods lama.

Menariknya, kabel data yang disertakan Apple dalam paket penjualan mereka bertipe USB-C to USB-C. Artinya, jika ingin menggunakan kabel tersebut, pengguna lama tak punya pilihan selain membeli charger dari pihak ketiga. Sebab, charger dari kebanyakan perangkat generasi sebelumnya tak kompatibel dengan kabel data tipe ini.

Hal serupa terjadi dalam kasus airpods. Untuk pengguna baru Apple, mereka tak punya pilihan selain membeli airpods secara terpisah.

Memaksa pengguna membeli charger dan airpods ironisnya akan kontradiktif terhadap misi Apple. Pembelian tersebut akan mengakibatkan peningkatan produksi kemasan baru, yang ujungnya membuat konsumsi sampah karbon dan plastik justru bertambah.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top