Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Debat antara Presiden AS petahana, Donald Trump dengan penantangnya, Joe Biden, dari Partai Demokrat di Ohio, Selasa (29/9/202).Bloomberg/AFP - Olivier Douliery
Premium

Efek Joe Biden di Pasar Saham Jika Menang Lawan Trump

16 Oktober 2020 | 19:39 WIB
Survei yang dilakukan oleh Real Clear Politics, jika pemilihan presiden AS dilakukan pada hari ini, Donald Trump, Presiden AS Petahana, mungkin akan kalah dari kandidat Partai Demokrat, Joe Biden.

Bisnis.com, JAKARTA — Kemenangan Joe Biden dan partai Demokrat dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat dinilai memiliki efek menenangkan pasar keuangan dan mengurangi risiko perang dagang. Kendati ada peluang terjadi kenaikan tarif pajak dan aturan yang lebih ketat.

Menurut survei yang dilakukan oleh Real Clear Politics, jika pemilihan presiden AS dilakukan pada hari ini, Donald Trump mungkin akan kalah dari kandidat Partai Demokrat, Joe Biden.

Tingkat kesukaan masyarakat Amerika Serikat terhadap Trump menurun semenjak Covid-19 mewabah di Amerika Serikat dan bertambah lebih dalam sejak protes “Black Lives Maer” digelar secara nasional.

Berdasarkan proyeksi dari The Economist, Joe Biden sangat mungkin untuk mengalahkan Donald Trump pada Pilpres AS 2020 dengan peluang kemenangan mencapai 90 persen.

Pemilihan presiden AS dinilai selalu mempengaruhi terhadap kinerja pasar saham. Pilpres AS kali ini dijadwalkan pada 3 November 2020. Agenda politik tersebut dianggap lebih penting dari kondisi sebelumnya, mengingat Presiden Trump telah memulai perang dagang AS-China selama masa jabatannya.  Apalagi dua ekonomi terbesar dunia tersebut telah anjlok ke titik terendahnya dalam beberapa dekade.

Pasar saham cenderung berkinerja lebih buruk ketika kandidat yang sedang berkuasa kalah dalam pemilihan presiden. Berdasarkan riset dari CMB International Securities, dari 18 pemilihan presiden sejak Perang Dunia II menemukan fakta, pertama sembilan kali pemilihan presiden, kandidat dari partai yang berkuasa kalah.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top