Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Seorang fans memotret iklan BTS di Seoul, Korea Selatan, Jumat (18/9/2020). - Bloomberg/SeongJoon Cho
Premium

BTS, IPO Big Hit, dan Loyalitas Fans K-pop

15 Oktober 2020 | 11:52 WIB
BTS bisa jadi grup K-pop paling terkenal saat ini. Tapi, apakah popularitas mereka cukup untuk menopang harga saham perusahaan yang menaungi mereka hingga bertahun-tahun ke depan?

Bisnis.com, JAKARTA — Debut Big Hit Entertainment Co. di lantai bursa tampak jelas tidak mengingkari kepopuleran BTS, grup idola yang bernaung di agensi artis tersebut. Pada hari perdagangan saham perdananya, harga saham perusahaan itu langsung melonjak 30 persen, batas atas kenaikan harga.

Bloomberg melaporkan Kamis (15/10/2020), harga yang ditawarkan saat Initial Public Offering (IPO) Big Hit adalah 135.000 won per saham atau sekitar US$118. Harganya langsung melambung menjadi 270.000 won atau sekitar US$235 ketika perdagangan saham dibuka.

Penguatan ini membuat valuasi pasar Big Hit menembus 11 triliun won, sekitar US$9,61 miliar, sekaligus yang tertinggi dari total valuasi tiga agensi besar K-pop lainnya atau yang sering disebut sebagai Big 3. Ketiga agensi terbesar ini adalah SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment.

Rekor tersebut juga menjadikan Big Hit sebagai IPO terbesar di Korea Selatan (Korsel) dalam 3 tahun terakhir, dengan total dana segar yang diraup mencapai US$820 juta.

Tentu saja, hal ini tak hanya memberikan cuan bagi para investornya tetapi juga para artisnya, termasuk BTS. Sebelum IPO, pendiri dan bos Big Hit Bang Si-hyuk sudah membagikan saham 68.385 saham kepada ketujuh anggota BTS. Nilai sahamnya kini sudah mencapai lebih dari US$20 juta.

Kekayaan Bang juga naik menjadi US$3,8 miliar. Jika melihat daftar orang terkaya Korsel versi Forbes, maka dia semestinya sudah bisa masuk dalam peringkat ketujuh dari 10 orang terkaya di negara itu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top