Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satgas Covid-19: Penambahan Kasus Aktif dalam Tren Penuruan

Satgas Penanganan Covi-19 melaporkan adanya penurunan pada penambahan jumlah kasus aktif per pekan meskipun secara harian jumlahnya masih meningkat.
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito./Antara
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan adanya penurunan tren penambahan kasus aktif per pekan meskipun secara harian jumlahnya masih mengalami peningkatan.

“Kami prihatin bahwa kasus aktif secara nasional masih mengalami peningkatan, namun jika dilihat dari persentase kontribusi di 10 Provinsi prioritas ini terhadap kasus nasional, cenderung mengalami penurunan,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Kamis (15/10/2020).

Tercatat pada 27 September 2020 persentase kasus aktif di 10 provinsi menyumbang 67,62 persen dari kasus aktif nasional. Kemudian pada tanggal 4 Oktober 2020 persentase menurun menjadi 66,38 persen dan pada tanggal 11 Oktober 2020 mencapai 65,64 persen.

“Ini adalah kabar baik dan perlu untuk terus ditekan, sehingga persentase kontribusi kasus aktif di 10 provinsi prioritas ini dapat semakin menurun, jika dilihat dari kasus sembuh terjadi peningkatan. baik ditingkat nasional maupun di 10 provinsi prioritas,” ujarnya.

Di sisi lain persentase kontribusi kesembuhan dari Covid-19 di 10 provinsi prioritas terhadap kesembuhan nasional mengalami penurunan.

Pada 27 september tercatat 79,35 persen dari kasus kesembuhan nasional berasal dari 10 provinsi prioritas. Kemudian kasus sembuh menurun pada tanggal 4 Oktober menjadi 77,64 persen dan terkahir 11 Oktober menjadi 76,81 persen.

“Tingkat kesembuhan ini harus selalu ditingkatkan baik di 10 provinsi prioritas maupun ditingkat nasional, di 10 provinsi priorotas diharapkan dapat berkontribusi lebih tinggi dalam angka kesembuhan nasional,” tegas Wiku.

Di sisi lain, kasus meninggal sudah mencatatkan penurunan, baik di tingkat nasional maupun di 10 provinsi prioritas.

Pada tanggal 27 september, kontribusi kasus meninggal akibat Covid-19 dari 10 provinsi prioritas ini adalah 80,18 persen dari kasus kematian nasional. Kemudian, pada 4 oktober menurun menjadi 79,18 persen dan pada 11 Oktober kembali menurun menjadi 78,71 persen.

“Ini perkembangan yang baik menandakan bahwa 10 provinsi prioritas kontribusi kematiannya menurun terhadap angka kematian nasional setiap minggunya. Kami mohon agar angka kasus meninggal betul-betul dapat ditekan hingga tidak ada penambahan kasus sama sekali,” tegas Wiku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper